Trafik Data XL Axiata Naik Hingga 38 Persen

spot_img

Berita Terkait

mimbarumum.co.id – Terjadi kenaikan trafik data hingga 38% XL Axiata pada libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) tahun ini, daripada sebelumnya.

Kenaikan tertinggi terjadi pada Hari Natal sebesar 7% dan trafik Tahun Baru 15% daripada hari normal. Layanan streaming mendominasi kenaikan trafik layanan. Sebaliknya, trafik layanan legacy, yaitu percakapan (voice) dan SMS mengalami penurunan sebesar 3% daripada hari biasa.

Direktur & Chief Teknologi Officer PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) I Gede Darmayusa, mengatakan sejak jauh hari XL Axiata menyiapkan jaringan untuk melayani pelanggan selama libur Nataru 2022.

“Sejak awal kami memprediksi kemungkinan akan ada kenaikan trafik data, meski pun belum seperti saat sebelum pandemi. Karena itu, untuk menjaga kualitas layanan, antara lain kami melakukan peningkatan kapasitas hingga 2x, pengerahan Mobile BTS (MBTS). Menyiapkan genset lengkap dengan bahan bakarnya di area-area rawan bencana;  serta kesiapan melakukan rekayasa pengalihan jaringan di area yang terganggu ke jaringan yang ada di sekitarnya,” tuturnya, Rabu (5/1/2022).

- Advertisement -

Data XL Axiata juga menunjukkan tinginya aktivitas digital pelanggan dalam mengisi masa liburan Nataru. Meski tak ada pembatasan perjalanan, trafik data di area pemukiman tetap naik sekitar 2% daripada hari normal. Beberapa kawasan pemukiman/perumahan yang mengalami kenaikan tersebut. Terutama adalah perumahan di kota Jakarta, Tegal, Depok, Solo, Kediri, Bekasi, Batam, Jambi, Palembang dan sebagainya.

Aktivitas Web Browsing Mendominasi

Dari keseluruhan trafik layanan selama periode Natal dan tahun baru, trafik dari aktifitas web browsing mendominasi sebesar 42%; akses media sosial sebesar 29%, streaming video sebesar 21%, games 4%; dan lain-lain 4%. Dari sisi kenaikan trafik, aktivitas games meningkat trafiknya hingga 183%; kemudian akses file sebesar 24%, streaming 11% serta web browsing 8%.

Untuk trafik aktivitas video call dan conference, Facebook meningkat sebesar 27%; Telegram 22% serta Line dan WhatsApp masing-masing sebesar 10%. Sedangkan untuk trafik akses media sosial, Instagram meningkat 33%. Menyusul WhatsApp 30%,Twitter 19% serta Facebook 18%.

Selanjutnya, untuk trafik streaming musik, layanan Joox music dan Itunes juga meningkat 24% dan 11%. Untuk games, trafik mobile legend meningkat 210%; kemudian Roblox 90% serta Hago 11%.

Trafik akses ke layanan belanja online (termasuk Lazada, Shopee,Tokopedia) mengalami peningkatan sebesar 62%; sementara trafik ke layanan travelling (termasuk Traveloka, Agoda, Tiket.com) meningkat sekitar 95%. Dan seperti biasanya selama masa libur Panjang; trafik ke layanan peta jalan (Google Map dan Apple Map) juga meningkat sebesar 13%; sementara trafik untuk akses ke layanan pembayaran digital (Dana, Ovo) mengalami penurunan hampir 1%.

Saat ini XL Axiata memiliki pelanggan sebanyak 57,98 juta pelanggan, dan di perkuat dengan lebih dari 153 ribu BTS termasuk lebih dari 69 ribu BTS 4G. Jaringan 4G LTE XL Axiata juga terus di perluas. Dan saat ini sudah mencapai lebih dari 458 kota/kabupaten di berbagai wilayah di Indonesia.

XL Axiata juga terus berinvestasi untuk jaringan fiber, transmisi, backhaul, modernisasi jaringan, dan berbagai upgrade jaringan lainnya untuk meningkatkan stabilitas, kapasitas jaringan, dan kualitas layanan data seiring dengan terus meningkatnya trafik layanan data.

Reporter : Siti Amelia

- Advertisement -

Tinggalkan Balasan

- Advertisement -
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

Berita Pilihan

Wakil Presiden Direktur PT AR : Pentingnya Komitmen Sektor Industri Bertransformasi Menuju Keberlanjutan

mimbarumum.co.id – PT Agincourt Resources (AR), selaku pengelola Tambang Emas Martabe, menyampaikan pandangan tentang tantangan dan peluang menuju praktik...