Senin, Juli 8, 2024

Mendag Bangga dengan Capaian TEI-DE 2021

Baca Juga

mimbarumum.co.id – Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi mengaku bangga dengan capaian Trade Expo Indonesia ke-36 Digital Edition. Sejak dibuka pada 21 Oktober 2021 laku, TEI-DE berhasil membukukan transaksi sebesar USD 6,06 miliar. Tiongkok dan Mesir mendominasi transaksi.

“Capaian ini sangat menggembirakan karena melampaui target transaksi yang telah kita tetapkan sebelumnya sebesar USD 1,5 miliar,” ujar Mendag Lutfi saat menutup TEI-DE secara hibrida, Selasa (21/12/2021). Bertempat di Gedung Kementerian Perdagangan Jakarta.

Dari capaian tersebut, nilai total transaksi buyer luar negeri tercatat sebesar USD 3,54 miliar. Buyer dengan nilai transaksi terbesar berasal dari lima negara. Yaitu Tiongkok dengan nilai transaksi sebesar USD 1,68 miliar (27,8 persen); Mesir sebesar USD 560,2 juta (9,24 persen); Brasil sebesar USD 285,8 juta (4,71 persen); Jepang sebesar USD 252,6 juta (4,17 persen); dan India sebesar USD 204,3 juta (3,37 persen).

Produk-produk yang berhasil menarik minat buyer luar negeri pada TEI-DE 2021 adalah produk pertanian dengan nilai sebesar USD 792 juta (13,06 persen); kemudian, produk kimia sebesar USD 316,7 juta (5,22 persen), minyak sawit sebesar USD 307,8 juta (5,08 persen); produk herbal dan suplemen sebesar USD 300 juta (4,95 persen); serta produk kertas dan kertas olahan sebesar USD 298 juta (4,92 persen).

Sampai hari terakhir penyelenggaraannya, sebanyak 32.030 pengunjung TEI-DE 2021. Dengan total pendaftar sejumlah 8.220 buyer dari 136 negara. Terdiri atas 3.721 buyer mancanegara dan 4.499 buyer lokal.

Buyer Terbanyak  Trade Expo Indonesia-DE dari India

Sementara lima negara dengan jumlah buyer terbanyak pada gelaran TEI-DE tahun ini adalah; India, Tiongkok, Malaysia, Brasil, dan Mesir. Hal ini tidak terlepas dari peran Perwakilan Perdagangan di luar negeri yang aktif mempromosikan TEI-DE melalui pendampingan buyer dalam mencari produk Indonesia. Serta membuka help desk, dan mengadakan pertemuan bisnis.

Pameran dalam TEI-DE tahun ini di ikuti oleh 834 peserta pameran yang terbagi dalam delapan kategori produk, yaitu manufactured product; digital lifestyle & service; medical & healthcare; renewable energy; food & beverage products; living comfort & amenities; fashion & beauty products; dan halal product.

“Para peserta diharapkan terus menindaklanjuti kontak dagang yang terjadi selama TEI-DE berlangsung. Selain itu, perwakilan perdagangan di luar negeri juga akan terus mengawal tindaklanjut kerja sama yang terjalin antara para peserta pameran dengan buyer,” kata Mendag Lutfi.

Selama penyelenggaraan TEI-DE 2021, telah dilaksanakan pula beberapa kegiatan forum yaitu Trade Tourism & Investment Forum (TTI), Halal Trade Forum, bisnis forum, dan konseling bisnis. Selain itu, tercatat pula sebanyak 107 penandatanganan nota kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) yang melibatkan eksportir dan buyer dari 17 negara.

Kegiatan lain yang tidak kalah penting adalah penjajakan bisnis yang mampu menghasilkan transaksi sebesar USD 2,521 miliar dengan buyer dari kawasan Asia, Afrika, Timur Tengah, dan Eropa yang difokuskan untuk tenaga kerja terampil dan profesional. Selanjutnya, gelaran Embracing Jakarta Muslim Fashion Week (JMFW) yang diselenggarakan di Aquatik Stadium Gelora Bung Karno Senayan, Jakarta.

“Kesuksesan penyelenggaraan Trade Expo Indonesia-Digital Edition ini tentunya merupakan hasil kerja sama dengan berbagai pihak. Untuk itu, diharapkan kerja sama yang telah terjalin selama ini dapat terus kita tingkatkan di tahun mendatang,”ujar Mendag Lutfi.

Reporter : Siti Amelia/Rilis

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Dukungan Mengalir dari Tokoh Masyarakat kepada Zaki Hamdani untuk Maju di Pilkada Deli Serdang

mimbarumum.co.id - Dukungan terus mengalir kepada Zaki Hamdani untuk maju di Pilkada Deli Serdang pada November mendatang. Kali ini...

Baca Artikel lainya