mimbarumum.co.id — Memasuki akhir kuartal kedua, PT. LG Electronics Indonesia (LG) resmi memperkenalkan produk premiumnya di Medan hari ini, Kamis (19/6/2025).
Seluruh koleksi terbarunya hadir dengan teknologi terbaik berbasis kecerdasan buatan (Artificial Intelligence – AI) dan LG ThinQ yang disiapkan untuk menghadirkan interaksi lebih personal dengan kemudahan dalam mendukung aktivitas keseharian pengguna. Hal ini sejalan pula dengan visi perusahaan untuk bertransformasi menjadi Smart Life Solution Company.
Koleksi premium tebarunya akan tersedia secara simultan di wilayah Media dan sekitarnya. “Ketersediaan koleksi premium dengan dukungan AI ini akan membuka peluang lebih besar bagi masyarakat Medan dan sekitarnua untuk memiliki puncak inovasi terkini LG yang mengedepankan penciptaan interaksi dengan pengguna,” ujar Tito, Branch Manager Medan Area for LG Electronics Indonesia.
TV OLED evo dan QNED evo Mini LED – Pengalaman Menonton Yang Mengesankan Dengan Inovasi AI Yang Diperbarui
Dari seri OLED TV sebagai kasta tertinggi dalam TV, LG membawa OLED evo G5 dan C5. Lahir dari seri OLED evo, keduanya membawa seluruh superioritas seri ini pada reproduksi warna hitam sempurna dan kekayaan warna dengan akurasi tinggi yang telah mengantongi sertifikat UL Solution dan Intertek.
Selain inovasi personalisasi pada gambar dan suara, OLED evo G5 disiapkan sebagai pusaran utama perhatian dengan dukungan prosesor AI terbaru Alpha 11 Gen2. Keberadaan prosesor dengan kecerdasan buatan ini meningkatkan kualitas gambar dan suara melalui algoritma pembelajaran mendalam.
Bila Dynamic Tone Mapping Professional bertugas pada visual, AI Sound Pro memberikan kualitas audio surround 11.1.2 virtual yang imersif. Mendukung personalisasi lebih dalam pada gambar dan suara, fitur AI Picture dan Sound Wizard bekerja menyesuaikan pengaturan audio-visual berdasarkan preferensi pengguna.
Untuk meningkatkan pengalaman menonton menjadi lebih mengesankan, kedua OLED evo terbaru LG ini dibekali fitur Filmmaker Mode®️ dengan Ambient Light Compensation. Keberadaannya memastikan pengalaman sinematik tetap didapatkan dibawah berbagai kondisi pencahayaan.
Interaksi pengguna pun semakin ditingkatkan dengan AI Magic Remote, AI Welcome, dan AI Voice ID. Bahkan, LG menambahkan AI Search dengan LLM (Large Language Model) dan integrasi Microsoft Copilot untuk mempermudah pencarian konten. AI Chatbot dan Generative Image Gallery menambah kenyamanan dan kreativitas.
Untuk mendukung kenyamanan interaksi dari seluruh elemen keunggulan didalamnya, LG menyematkan antarmuka webOS terbaru yang lebih ramah pengguna dengan kemudahan akses bagi berbagai pengaturan. Termasuk pula pengintegrasiannya dengan platform lain untuk keterhubungan antar perangkat dalam IoT seperti Home Hub, ThinQ dan Google Home.
Sementara jajaran TV QNED evo 2025, kehadirannya menaikkan batas atas inovasi TV LCD. Hal ini berkat penggunaan prosesor Alpha AI canggih untuk peningkatan visual dan audio terpersonalisasi dengan dukungan AI dan platform webOS 2.5 yang memberi interaksi lebih baik dari generasi sebelumnya.
Khusus urusan visual, selain dukungan teknologi Mini LED dan prosesor Alpha AI, LG mengembangkan solusi Dynamic QNED Color untuk menghasilkan warna akurat dengan kontras tinggi dan detail tajam. Ditambah lagi, dukungan AI Picture Pro dan Dynamic Tone Mapping Pro bekerja dengan algoritma pembelajaran mendalam untuk semakin meningkatkan kualitas visual. Tak hanya klaim, kemampuan visual TV ini telah mendapat sertifikat dari Intertek untuk pencapaian volume warna 100%. “TV mutakhir ini terbukti mampu mereproduksi warna yang kaya seperti aslinya, baik di lingkungan yang terang maupun gelap,” ujar Tito lagi.
Sementara dari sisi audio, TV QNED evo 2025 pun tak kalah pesonanya. Keberadaan AI Sound Pro didalamnya mampu menciptakan kualitas suara surround virtual 9.1.2 hanya dari speaker bawaan.
Untuk kenyamanan lebih dalam interaksi, berbagai fitur personalisasi dengan dukungan AI seperti yang terdapat pada OLED TV pun disematkan LG pada TV QNED terbarunya ini. Diantaranya AI Magic Remote dengan pengenalan suara dan fungsi pointer, fitur AI Search dan Microsoft Copilot integration memudahkan navigasi dan pencarian konten. LG QNED evo 2025 hadir dengan ukuran layar yang ultra besar yaitu 100 inci untuk kepuasan visual menonton.
LG Bottom Freezer InstaView Auto Ice Maker dan LG Kulkas Multi Door InstaView Auto Ice Maker – Penjaga Nutrisi Keluarga Yang Sesuai Budaya Kuliner Indonesia
Pada koleksi kulkas, LG memperkenalkan dua model terbarunya yaitu LG Bottom Freezer InstaView Auto Ice Maker dan LG Kulkas Multi Door InstaView Auto Ice Maker. Nama InstaView yang melekat pada keduanya, diambil dari fitur yang juga menjadi penanda unik seri kulkas premium LG InstaView.
Hal ini berupa bilah pintu yang dapat berubah menjadi transparan untuk menampakkan isi dalam kulkas, hanya dengan dua kali ketukan tangan. “Tak hanya memberikan kesan mewah, tetapi juga fungsional karena memungkinkan pengguna melihat isi kulkas tanpa membuka pintu. Dengannya pula, dinamika suhu dingin lebih stabil untuk memperpanjang kesegaran bahan makanan yang tersimpan didalamnya,” ujar Tito pula.
Tak hanya mengandalkan keunikan InstaView, menurut Tito, LG pun mengembangkan kedua kulkas ini sesuai dengan budaya kuliner Indonesia. LG Bottom Freezer InstaView Auto Ice Maker misalnya, membawa konfigurasi freezer pada bagian bawah, menyesuaikan kebiasaan masyarakat Indonesia yang lebih sering menggunakan kabin pendingin. Tata letak unik ini membuat pengguna tidak perlu membungkuk saat mengakses kabin pendingin.
Sebagai pendukungnya, sistem Auto Ice Maker secara otomatis membuat dan menyimpan es batu sebagai persediaan bagi minuman segar.
Tentang kebisaan menjaga kesegaran makanan, kulkas ini dilengkapi berbagai teknologi canggih LG yang telah populer sebelumnya. Seperti Linear Cooling yang menjaga suhu stabil di seluruh kabin dan Door Cooling+ yang memastikan pendinginan merata hingga rak di pintu. Kedua fitur ini bekerja optimal berkat Smart Inverter Compressor yang responsif terhadap perubahan suhu.
Beranjak pada kulkas LG Multi Door InstaView Auto Ice Maker, model ini menjadi pilihan ideal bagi keluarga besar atau hunian dengan multi generasi yang biasa ditemui di Indonesia. Hal ini berkat kapasitas penyimpanan hingga 672 liter dengan empat pintu yang punya kompartemen terpisah untuk mencegah tercampurnya aroma makanan.
Menegaskan superioritasnya dalam menjaga kesegaran bahan makanan, selain sematan fitur Linear Cooling dan Door Cooling+, keduanya juga dibekali fitur Hygiene Fresh+. Yang disebut terakhir merupakan sistem filtrasi berlapis dengan efektivitas tinggi menghilangkan bakteri dan bau tidak sedap hingga 99,999%.
Pada beberapa model, seperti tipe GV-K25FFGEB, LG melengkapinya dengan Water Dispenser terintegrasi pada pintu. Lebih dari sekedar kejaran kenyamanan, keberadaannya juga membantu efisiensi energi dengan mengurangi frekuensi membuka tutup pintu kulkas hanya untuk mendapatkan segelas air dingin.
Mesin Cuci LG AI DD 2.0, Makin Pintar dengan Kapasitas Lebih Besar
Pada bagian ruang cuci, koleksi LG lebih berfokus pada penyediaan mesin cuci pintar dengan kapasitas lebih besar. Lahir dalam seri LG AI DD 2.0, varian FX memiliki kapasitas diatas 23 kilogram, sementara varian VX kapasitas tabung cucinya ada dibawah 15 kilogram.
Pembaruan signifikan yang berlandaskan pemanfaatan teknologi kecerdasan buatan pada AI DD 2.0 ada pada kelengkapan sensornya. Jika pada generasi mesin cuci LG dengan AI sebelumnya hanya mendeteksi jenis material dan tingkat kelembutan bahan pakaian, mesin cuci LG AI DD 2.0 memiliki kemampuan mendeteksi tingkat kotoran pada pakaian.
“Penambahan sensor ini memungkinkan mesin cuci memilih siklus pencucian paling efektif untuk membersihkan kotoran pakaian,” kata Tito. Dikatakannya lagi, bersanding dengan terapan AI, LG memberikan berbagai fitur unggulan untuk melengkapinya sebagai perangkat mesin cuci yang benar-benar mampu menjaga performa pakaian pengguna.
Salahsatunya dengan LG Steam™️ yang menghasilkan dan menjaga suhu panas hingga 60°C di dalam tabung cuci. Teknologi uap panas ini sangat efektif dalam menghilangkan debu halus, tungau, dan partikel penyebab alergi. Bahkan untuk kemampuannya ini, LG telah mendapatkan sertifikasi dari British Allergy Foundation (BAF) bagi kemampuan mengeliminasi alergen hingga 99.9%.
Disisi lain, bagi pemilik hewan peliharaan, terdapat fitur Pet Care Cycle yang menggunakan suhu tinggi dan siklus pembilasan air hangat. Kerja fitur ini menghilangkan bau hewan peliharaan hingga 99% yang melekat pada pakaian pemilik maupun pada perlengkapan peliharaan.
Mesin cuci ini juga menawarkan kecepatan pencucian melalui fitur TurboWash™️ 360° yang mengkombinasikan 6Motion™️ sebagai enam gerak pencucian. Fitur ini terinspirasi dari gerak cuci dengan tangan dan 3D Multi Water Spray yang merupakan sistem pancaran air empat titik dengan dukungan pompa inverter. Inovasi ini berguna untuk memastikan deterjen menjangkau seluruh cucian secara merata dan mempercepat proses pencucian tanpa mengurangi performa.
Melengkapi kenyamanan dalam penggunaan, mesin cuci LG AI DD 2.0 dapat dioperasikan tanpa batasan jarak maupun waktu melalui aplikasi LG ThinQ. Melalui perangkat smartphone, keberadaan LG ThinQ memungkinkan pengguna memulai, memilih siklus, atau menghentikan pencucian kapan saja dan di mana saja.
Dalam kesempatan ini pula, Tito menyebutkan LG juga berkomitmen untuk membawa dua kategori produk barunya ke pasar Medan dalam waktu dekat. Keduanya yaitu vacuum cleaner dan air purifier yang hadir dengan inovasi khas LG dalam performa dan kenyamanan pengguna.
Dari kategori vacuum cleaner misalnya, LG melengkapinya dengan teknologi Aero Science yang menawarkan daya hisap kuat hingga 210 AW. Terdapat dua kategori utama vacuum cleaner LG ini yaitu Cordless dan Bagless. Pada kategori Cordless, LG bakal memperkenalkan tiga tipe terbaru dan satu tipe untuk Bagless.
Kategori Cordless dibuat dengan memanfaatkan sistem filtrasi komprehensif LG yang mampu menyingkirkan debu dalam rumah dan mencegahnya terlepas kembali. Menjadi docking station untuk LG CordZero stick vacuum, All-in-One Tower ini menawarkan kantung penangkap debu anti bakteri, filter pelindung motor yang dapat dilepas dan dicuci serta sistem pengosongan kantung debu secara otomatis untuk mencegah partikel debu terlepas kembali.
Sementara pada perangkat pembersih udara, LG bakal diperkenalkan dalam nama LG PuriCare AeroBooster and AeroHit. Bila LG PuriCare AeroBooster memiliki efektivitas pembersihan udara hingga luas ruang 52,8 meter persegi, LG PuriCare AeroHit efektif bagi pembersihan udara dalam ruang hingga 32 meter persegi. “Keduanya menjadi contoh sempurna komitmen LG terhadap solusi udara yang inovatif, bergaya dan efektif untuk meningkatkan kualitas kehidupan sehari-hari,” kata Tito.
Kinerja kuat pembersihan udara dalam ruang lebih luas dari LG PuriCare AeroBooster tak dapat dilepaskan dari fitur Filter Aero Series V, Dual Airflow dan Clean Booster. Kolaborasi ketiganya menghasilkan sirkulasi udara bersih dan Clean Booster yang dapat menyebarkan air bersih hingga 5,5 meter.
Didalamnya, LG juga menyematkan teknologi UVnano™️ LG untuk menghilangkan 99,99% bakteri dalam unit air purifier. Gunanya memastikan udara yang dikeluarkan lebih sehat. Sementara bersama udara bersih yang keluar darinya, LG melengkapi dengan Ionizer untuk menghilangkan bakteri virus, debu dan alergen di udara.
Dibalik desain ramping dan ringkas dengan pencahayaan yang dapat disesuaikan, LG PuriCare AeroBooster menawarkan kenyamanan yang lebih bagi penggunanya. Hal ini berkat kehadiran Mode AI+ untuk penghematan energi dan kompatibilitas LG ThinQ™️ untuk kendali jarak jauh yang menjadikannya pilihan ideal untuk menciptakan lingkungan dalam ruangan lebih sehat dan nyaman.
Disisi lain, LG PuriCare AeroHit yang penempatannya efektif bagi luasan ruang lebih kecil, tampil dengan bodi ringkas dan minimalis. Membuatnya terlihat canggih, LG menyematkan layar LED intuitif untuk menampilkan kualitas udara dalam ruangan.
Untuk pembersihan udara, perangkat ini dilengkapi Filter Aero Series H yang memiliki sistem penyaringan berlapis dan penyaringan udara 360 derajat. Kelengkapan inilah yang memberinya daya efektif dalam mengurangi debu, bau, virus, dan allergen. Sementara disisi lain, sensor PM1.0 menyediakan pemantauan kualitas udara secara real-time untuk debu halus sekalipun.
Segera setelah perkenalan resmi seluruh koleksi ini, Tito menyatakan, jajaran produk premium LG berbasis AI ini bakal tersedia di berbagai toko elektronik yang ada di Medan dan sekitarnya. Bakal hadir secara simultan, tingkat harga yang diberikan akan disampaikan berbarengan dengan waktu peluncurannya masing-masing.
“Yang patut menjadi catatan, koleksi ini merupakan produk unggulan LG pada Consumer Electronics Show sebagai pameran akbar internasional tahunan bagi perangkat elektronik inovatif pada awal tahun ini,” kata Tito. “Menghadirkannya dengan cepat pada masyarakat Medan dan sekitarnya, menjadi bagian komitmen untuk menjadi terdepan dalam solusi meningkatkan kualitas hidup masyarakat melalui inovasi terkini,” pungkas Tito.