Jumlah Pedagang Online Naik Drastis Selama Covid-19

Berita Terkait

- Advertisement -

mimbarumum.co.id – Wabah Covid-19 tak selama menjadi momok menakutkan. Sebaliknya, malah meningkatkan pemasukan.

Masyarakat berbondong-bondong aktif berjualan lewat e-commerce, baik pemain lama maupun baru. Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM), Teten Masduki mengatakan terjadi lonjakan akun baru di e-commerce yang menjual berbagai produk. Khusus akun yang menjual produk kesehatan, lonjakannya mencapai 250%.

“Terjadi peningkatan jumlah pembuatan akun baru. Khususnya akun yang menjual produk-produk kesehatan seperti masker, hand sanitizer dan vitamin meningkat hingga 250%. Ini data dari Tokopedia,” kata Teten dikutip melalui akun YouTube BNPB, Selasa (28/4/2020).

Peningkatan ini membuktikan keberadaan e-commerce sangat efektif selama masa pandemi. Teten menjelaskan, ada beberapa sektor bisnis yang diuntungkan dengan adanya pandemi ini. Sektor tersebut yakni produk-produk herbal yang baik untuk kesehatan, hingga produk frozen food yang mudah diolah.

- Advertisement -

Baca Juga : PSK di Selandia Baru Peroleh Rp39 Juta Selama Lockdown

“Jadi permintaan terhadap produk-produk yang siap olah, praktis itu sekarang banyak UMKM memproduksi makanan frozen, makanan kaleng yang tinggal dipanaskan,” ucapnya.

Teten berharap adanya pandemi ini dapat dimanfaatkan oleh pelaku usaha untuk beralih ke digital. Tak lupa ia juga mengajak masyarakat untuk membeli produk-produk dalam negeri guna membantu perekonomian agar tetap berjalan.

“Solidaritas sosial, empati terhadap yang terdampak saat ini sangat dibutuhkan. Saya berharap pandemi Covid-19 dapat menjadi momentum bagi pelaku koperasi dan UMKM untuk membuktikan bahwa produk-produk dalam negeri mampu memenuhi kebutuhan nasional,” imbuhnya. (dtc)

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -

Berita Pilihan

Layanan Khusus Tri bagi Pecinta E-Sport di PON XXI Aceh-Sumut

mimbarumum.co.id  – Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH), melalui brand Tri, melanjutkan komitmennya mendukung E-sport tanah air dengan turut...