mimbarumum.co.id – Ketua Badan Musyawarah Perbankan Daerah (BMPD) Sumut, IGP Wira Kusuma mengungkapkan transformasi digital bukan merupakan proses yang singkat.
Dibutuhkan sinergi dan konsistensi antara Kementerian dan lembaga terkait baik dari tingkat pusat maupun daerah untuk terus mendukung proses transformasi di masing-masing daerah.
“Tentunya ini merupakan tugas bersama untuk mendukung ekosistem digital berjalan secara kondusif memberikan manfaat yang lebih banyak kepada masyarakat,” ucapnya dalam kegiatan BMPD Talks di Menara Mandiri Medan, Selasa (1/10/2024).
Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Sumut ini menjelaskan sinergi dan kolaborasi antar lembaga dibutuhkan untuk memperkuat kebijakan memberantas risiko cyber dan berbagai aktivitas illegal secara terpadu.
“Bank Indonesia senantiasa mengkampanyekan pelindungan konsumen melalui tagline PeKA yaitu Peduli, Kenali, dan Adukan,” tuturnya.
Melalui Peduli, imbuh dia, harapannya konsumen memahami produk/jasa sistem pembayaran yang digunakan hingga termasuk fitur keamanan pada instrumen yang digunakan.
Kemudian, melalui Kenali,konsumen dapat mengetahui berbagai modus risiko/potensi ancaman penipuan serta bagaimana memitigasinya.
“Adukan yaitu harapannya konsumen dapat memahami peran dari para regulator perlindungan konsumen, sehingga dapat mengajukan pengaduan sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing instansi,” tukasnya.
Reporter : Siti Amelia