Hadirkan Koneksi Berkualitas, Indosat Lakukan Ekspansi dan Optimalisasi Jaringan

Berita Terkait

mimbarumum.co.id – Memenuhi kebutuhan jaringan yang semakin meningkat, Irvan Kurniawan, VP Head of Technology Circle of Sumatera Indosat Ooredoo Hutchison (IOH), mengungkapkan komitmen perusahaan untuk memperluas dan meningkatkan kualitas layanan jaringan hingga tahun 2025. Irvan menegaskan Indosat cukup agresif untuk bisa memenuhinya di 2025. 
“Bisa dirasakan saat (perjalanan) kita dari Ambarita ke Ajibata. Bapak ibu bisa rasakan sendiri jaringannya. Saya sendiri sudah merasakan tidak ada delay sama sekali,” ungkapnya kepada wartawan dalam Media Gathering di Samosir, Minggu (15/6/2025).
Irvan menjelaskan bahwa analisis yang dilakukan saat ini menjadi dasar untuk merencanakan ekspansi jaringan di masa depan. “Jadi semua bisa merasakan layanan terbaik dari kita,” ujarnya.
Proses ini, sambung dia, melibatkan peninjauan bersama untuk menentukan daerah-daerah mana yang akan ditambahkan jaringan, memastikan bahwa setiap langkah diambil dengan pertimbangan yang matang.
Irvan mengungkapkan, monitoring jaringan menjadi prioritas utama Indosat, dengan tim yang bekerja 24 jam untuk memastikan kualitas layanan tetap terjaga. “Kita juga butuh insight dari bapak ibu di lapangan untuk merumuskan strategi yang tepat,” tambah Irvan.
Ketua Tim 3 bersama Irvan Kurniawan dalam Media Gathering Indosat 2025, Minggu (15/6/2025)
Dia juga mengakui pentingnya masukan mengenai kondisi sosial di daerah, seperti saat terjadi pemadaman listrik, di mana jaringan tetap berfungsi berkat dukungan baterai cadangan.
Selain fokus pada sektor wisata, Irvan menyoroti pentingnya memperluas jaringan di area publik seperti bandara dan mal. “Kita juga monitor 24 jam di area-area tertentu. Misalnya, mal yang ramai dari pagi hingga malam, tetapi sepi di malam hari, itulah yang kita sebut balancing,” jelasnya.
Namun, tantangan tetap ada, terutama terkait potensi pencurian baterai. Irvan mengungkapkan, “Kita butuh dukungan dari teman-teman media untuk mengatasi masalah ini. Jika ada pencurian, kita akan segera melakukan mitigasi dan penggantian.”
Selain itu, kondisi alam yang menyebabkan pemadaman listrik oleh PLN juga menjadi perhatian. “Sementara ini, kita optimalkan data baterai. Selama power tidak ada, atau PLN mati, kita akan memanfaatkan baterai yang ada di lokasi,” tutup Irvan.
Dengan langkah-langkah strategis ini, Irvan Kurniawan dan timnya berkomitmen untuk memberikan layanan jaringan yang lebih baik dan handal bagi masyarakat Sumatera, memastikan bahwa setiap orang dapat menikmati konektivitas yang optimal.

Indosat Perkuat Jaringan di Samosir

Pramana Tarigan

Sementara, Pramana Kawas Tarigan, VP-Head of Sales Northern Sumatera IM3 mengatakan IOH terus menunjukkan komitmennya untuk memperluas jaringan dan meningkatkan layanan, termasuk wilayah Samosir. Dia pun mengungkap dampak positif dari ekspansi ini terhadap penjualan dan distribusi produk Indosat.
“Dampaknya sangat signifikan bagi penjualan kami. Kami mengalami penambahan jumlah pelanggan, terutama di area yang sebelumnya tidak terjangkau. Kami mencatat pertumbuhan dua digit pada tahun 2023 dan berharap untuk terus tumbuh di tahun 2024 dan 2025,” jelas Pramana.
Alumni Teknik Mesin Universitas Sumatera Utara (USU) ini mengungkapkan Indosat kini memiliki dua model kemitraan distribusi. Pertama, MPC yang menangani kota-kota besar dengan banyak depo untuk mendekatkan layanan kepada pelanggan. Kedua, Mitra IM3 yang berfokus pada area rural, dengan hampir 100 mitra di Sumbagut.
“Mitra IM3 ini berfungsi sebagai pusat pelayanan bagi konsumen di daerah terpencil, sehingga mereka dapat mengakses layanan Indosat dengan lebih mudah,” tambahnya.
Peraih Head of Sales Nasional Terbaik 2022 ini juga menjelaskan bahwa Indosat tidak hanya fokus pada penjualan produk, tetapi juga memberikan insentif kepada retailer. “Kami menawarkan margin yang menarik dan program perjalanan untuk retailer yang berhasil. Misalnya, kami baru saja mengadakan perjalanan ke Chongqing, China, untuk retailer yang mencapai target penjualan,” ungkapnya.
Dalam hal pertumbuhan, Pramana menyebutkan bahwa Indosat mengalami peningkatan yang signifikan, dengan pertumbuhan hampir 9% dalam kuartal terakhir. “Kami terus berupaya untuk memperluas jaringan, termasuk di daerah-daerah yang sebelumnya tidak terjangkau, seperti Nias dan Samosir. Tahun ini, kami telah menambah jaringan di Samosir, sehingga pelanggan dapat menikmati layanan yang lebih baik,” katanya.
Meskipun ada tantangan dalam menambah kapasitas jaringan, Pramana optimis bahwa semua kendala dapat diatasi. “Kami berkomitmen untuk memberikan kualitas jaringan yang baik, terutama di daerah terpencil,” tegasnya.
Dengan berbagai program inovatif dan strategi distribusi yang efektif, Indosat bertekad untuk terus tumbuh dan memberikan layanan terbaik bagi pelanggan di Samosir dan sekitarnya. “Kami ingin memastikan bahwa setiap area yang memiliki tower Indosat juga memiliki akses yang baik terhadap produk dan layanan kami,” tutup Pramana.

Begini Indosat Mewujudkan Pelayanan Terbaik untuk Pelanggan di Sumut

Dalam era digital yang semakin berkembang, IOH berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan. Maulana Muzaqi, VP-Head of Own Base Management IOH, menjelaskan bagaimana perusahaan ini memanfaatkan teknologi untuk memahami dan memenuhi kebutuhan pelanggan.
“Setiap bulan, kami mendapatkan pelanggan baru dari Sumatera Utara dan Samosir. Namun, tantangan kami adalah mempertahankan loyalitas mereka hingga setahun ke depan,” ungkap Maulana.
Ia menekankan pentingnya memahami perilaku pelanggan melalui analisis data dan teknologi kecerdasan buatan (AI). Dengan menggunakan algoritma tertentu, IOH dapat menyesuaikan penawaran paket sesuai dengan daya beli dan preferensi pelanggan.
“Misalnya, pelanggan di segmen platinum mungkin bersedia membayar lebih untuk layanan premium, sementara pelanggan di segmen lainnya lebih memilih paket yang terjangkau,” jelasnya.
Pendekatan ini memungkinkan IOH untuk menawarkan produk yang relevan dan menarik bagi berbagai segmen pasar. Setelah merger, Indosat Ooredoo Hutchison telah memperkuat posisinya di industri telekomunikasi dengan brand yang kuat dan teknologi AI yang solid. “Kami memiliki ekspansi jaringan yang agresif, terutama di Sumatera, dan distribusi yang kuat. Ini adalah faktor kunci yang membuat kami percaya diri untuk bersaing di pasar,” tambah Maulana.
Di Sumatera Utara, IOH telah mengidentifikasi preferensi pelanggan yang beragam. “Segmen IM3 lebih kuat di kalangan mahasiswa, sementara 3 lebih populer di kalangan pelajar dan anak muda. Kami juga mengadakan berbagai acara untuk menjangkau segmen-segmen ini, seperti program inspirasi di kampus-kampus,” katanya.
Maulana juga menjelaskan bahwa IOH berkomitmen untuk memperluas jangkauan jaringan di daerah-daerah yang masih kurang terlayani. “Kami sedang melakukan ekspansi agresif di Samosir dan daerah lainnya di Sumatera. Kami ingin memastikan bahwa seluruh wilayah, termasuk daerah rural, terjangkau oleh layanan kami,” ujarnya.
Dengan hampir 100% cakupan di Sumatera Utara (Sumut), termasuk di Kepulauan Nias, IOH berusaha untuk mempertahankan basis pelanggan yang kuat. “Memenangkan hati pelanggan adalah kunci. Kami memiliki tim penjualan yang militan dan berkomitmen untuk menjangkau pelanggan di daerah terpencil,” jelas Maulana.
Indosat Ooredoo Hutchison tidak hanya fokus pada jaringan, tetapi juga pada pengalaman pelanggan. “Kami telah mengembangkan saluran digital seperti Bima dan MyIM3 untuk memudahkan pelanggan dalam membeli paket dan mengisi ulang kuota. Dengan cara ini, kami berharap dapat memberikan pengalaman yang lebih baik dan memuaskan,” tutup Maulana.
Dengan komitmen yang kuat terhadap inovasi dan pelayanan pelanggan, ucapnya, IOH siap untuk terus tumbuh dan memberikan yang terbaik bagi masyarakat di Sumut dan seluruh Indonesia.
“Indosat terus berkomitmen untuk menjadi penyedia layanan telekomunikasi terdepan di Indonesia, dengan fokus pada inovasi dan kepuasan pelanggan,” tandasnya.
Reporter : Siti Amelia
- Advertisement -

Tinggalkan Balasan

- Advertisement -

Berita Pilihan

Pelindo Regional 1 Gunungsitoli Dukung Penuh Operasional KMP Jatra II dan Komitmen Berantas Pungli di Pelabuhan 

mimbarumum.co.id - Jum’at (13/6/2025) dilakukan seremonial pelayaran perdana Kapal Motor Penumpang (KMP) Jatra II milik PT. ASDP yang merupakan...