mimbarumum.co.id – BPJS Ketenagakerjaan Cabang Langsa merayakan Hari Pelanggan Nasional pada Senin (4/9/2024) dengan menggelar berbagai kegiatan bertema “Tulus Melayani, Sebarkan Inspirasi”.
Acara ini diadakan sebagai bentuk apresiasi terhadap peserta BPJS Ketenagakerjaan sekaligus untuk meningkatkan kesadaran mengenai pentingnya perlindungan ketenagakerjaan.
Perayaan Harpelnas dimulai dengan menyapa dan memberikan layanan langsung yang dipimpin oleh Kepala BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Langsa, Kurniawan.
“Pada hari ini, kami merayakan Hari Pelanggan Nasional dengan penuh semangat. Sesuai dengan tema ‘’Tulus Melayani, Sebarkan Inspirasi’’, saya hadir di sini untuk memastikan bahwa peserta mendapatkan kemudahan pelayanan dan merasakan kepedulian kami terhadap kebutuhan mereka,” ujar Kurniawan.
Antusiasme peserta sangat tinggi, terutama saat mengikuti kuis berhadiah yang menguji pengetahuan peserta seputar program-program BPJS Ketenagakerjaan.
Selain itu, BPJS Ketenagakerjaan juga menyediakan layanan “Pojok JMO” untuk membantu peserta yang belum terdaftar di aplikasi JMO (Jamostek Mobile).
“Melalui Pojok JMO, kami membantu peserta yang belum registrasi untuk melakukan pendaftaran, sehingga mereka dapat memanfaatkan berbagai informasi layanan digital yang disediakan oleh BPJS Ketenagakerjaan,” ujar Kurniawan.
Tak hanya di kantor, BPJS Ketenagakerjaan Langsa juga mengadakan kunjungan ke Pusat Layanan Kecelakaan Kerja RS Cut Meutia Langsa untuk melakukan kunjungan kepada peserta yang mengalami kecelakaan kerja.
Kurniawan menjelaskan bahwa kunjungan ini adalah bentuk kepedulian BPJS Ketenagakerjaan kepada para pesertanya dan memastikan bahwa peserta yang mengalami kecelakaan kerja mendapatkan manfaat sesuai ketentuan dan mendapat pelayanan serta perawatan yang maksimal, karena biaya perawatan pasien yang mengalami kecelakaan kerja adalah unlimited, sesuai dengan kebutuhan pengobatan dan indikasi medis.
Dalam rangkaian kegiatan tersebut, tim BPJS Ketenagakerjaan Langsa juga mengunjungi PT Timbang Langsa, Perusahaan Perkebunan yang ada di Langsa, dan bertemu dengan Manajer Operasional, Bapak Mujiluddin.
Kurniawan menyampaikan apresiasi atas partisipasi PT Timbang Langsa dalam melindungi para pekerja dengan mendaftarkan ke dalam empat program perlindungan BPJS Ketenagakerjaan, termasuk program Jaminan Kehilangan Pekerjaan (JKP).
Kurniawan juga menyampaikan program SERTAKAN (Sejahterakan Pekerja Sekitar Anda). Program ini bertujuan untuk memberikan perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan bagi pekerja di sekitar fasilitas kesehatan tersebut.
Program SERTAKAN merupakan kampanye yang dicanangkan BPJS Ketenagakerjaan untuk mendorong masyarakat mendaftarkan pekerja rentan seperti tukang becak, asisten rumah tangga, dan pekerja informal lainnya.
Pendaftaran program ini dapat dilakukan dengan mudah melalui aplikasi JMO dengan iuran yang terjangkau mulai dari Rp16.800 untuk program JKK dan JKM. “Kami mengajak semua orang untuk peduli dengan pekerja rentan di sekitar mereka dan mendaftarkan mereka dalam program BPJS Ketenagakerjaan. Melalui kepedulian ini, kita dapat menyebarkan inspirasi dan mewujudkan lingkungan kerja yang lebih aman dan bebas dari kekhawatiran,” tutup Kurniawan.
Peringatan Hari Pelanggan Nasional tahun 2024 ini diharapkan tidak hanya menjadi momen untuk meningkatkan kualitas layanan tetapi juga untuk menyebarkan inspirasi dan meningkatkan kepedulian terhadap perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan bagi seluruh pekerja di Indonesia, tutup Kurniawan.
Reporter : Siti Amelia