Aspirasi Hidup Indonesia Tbk Nyatakan Tumbuh Positif

Berita Terkait

mimbarumum.co.idPT Aspirasi Hidup Indonesia Tbk (AHI) (ACES) kembali mencatatkan kinerja positif di awal tahun 2025. Peluncuran merek AZKO yang mendorong peningkatan aktivitas belanja selama periode ramadan dan lebaran, serta kontribusi kinerja Same Store Sales Growth (SSSG) yang tetap solid menjadi faktor utama capaian itu.

Pada kuartal pertama 2025, sebut perusahaan itu dalam siaran persnya yang diterima Mimbar Umum Online baru-baru ini, membukukan pertumbuhan penjualan sebesar 7,2 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya, menjadi Rp2,14 triliun.

Pencapaian ini turut ditopang oleh pertumbuhan Same Store Sales Growth (SSSG) sebesar 2,2 persen. Sementara itu, laba periode berjalan yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk tercatat mengalami penurunan dari Rp204,82 miliar pada kuartal pertama 2024 menjadi Rp141,60 miliar.

Penurunan yang terjadi telah diperkirakan sebelumnya seiring dengan peningkatan biaya operasional yang disebabkan oleh pergeseran waktu pembayaran Tunjangan Hari Raya (THR) Idulfitri tahun ini dibandingkan tahun sebelumnya yang jatuh pada Kuartal II, serta kenaikan pada biaya iklan dan promosi untuk kegiatan rebranding AZKO.

Namun, jika melihat kinerja operasional di luar faktor THR, Perusahaan masih mencatatkan pertumbuhan laba operasi sekitar 4%. Manajemen Perusahaan tetap optimistis dapat membukukan pertumbuhan laba bersih yang positif untuk tahun penuh 2025.

“Kami melihat respon positif dari pelanggan terhadap peluncuran merek AZKO, yang menjadi tonggak penting setelah 30 tahun kami melayani masyarakat Indonesia,” ucap Gregory S. Widjaja, Direktur PT Aspirasi Hidup Indonesia Tbk dalam keterangannya.

Antusiasme pelanggan, tambahnya juga tercermin dari sambutan yang baik di setiap pembukaan toko baru di berbagai kota.

“Dengan strategi yang mengedepankan relevansi terhadap kebutuhan pelanggan, perluasan jangkauan, serta penguatan pengalaman belanja yang seamless dan terintegrasi, kami yakin berada di jalur yang tepat untuk terus tumbuh secara berkelanjutan,” paparnya.

Dia juga mengatakan, di sisa sembilan bulan pada tahun 2025 ini, pihaknya melakukan berbagai inisiatif untuk memperkuat kapabilitas operasional sekaligus memperluas dampak positif, baik dari sisi bisnis maupun sosial.

Untuk tahun penuh 2025, Perusahaan telah menetapkan alokasi belanja modal (Capital Expenditure/CapEx) sebesar Rp250 – 300 miliar, dengan realisasi CapEx yang tercatat hingga akhir bulan Maret 2025 sebesar Rp43,55 miliar.

Alokasi ini difokuskan untuk mendukung pengembangan bisnis berkelanjutan melalui ekspansi pembukaan 25 hingga 30 toko baru di berbagai wilayah Indonesia, serta inovasi konsep toko yang lebih solutif, inspiratif, dan berorientasi pada pelanggan.

Sejalan dengan strategi ekspansi yang telah ditetapkan, sepanjang kuartal pertama 2025, perusahaan membuka empat toko AZKO di berbagai wilayah baru, termasuk kawasan Indonesia paling timur, Abepura, Papua, dan Kabupaten Indramayu, Jawa Barat.

Bersamaan dengan langkah ini, perusahaan juga menjalankan program AZKO Berbagi Cahaya sebagai bagian dari komitmen keberlanjutan, dengan mendukung efisiensi energi melalui pemberian Lampu LED KRISBOW Hemat Energi di dua rumah ibadah terbesar di Abepura, yakni Gereja GKI Tanah Papua PNIEL dan Masjid Agung As-Sholihin.

“Program ini mencerminkan kontribusi nyata bagi komunitas sekaligus mendukung pengurangan dampak negatif terhadap lingkungan,” sebut Gregory.

Selain itu, perusahaan juga menghitung serapan karbon lebih dari 4.000 pohon yang telah ditanam di berbagai area menggunakan metode alometrik, dengan hasil serapan mencapai 1.539 ton CO₂eq. Inisiatif ini mencerminkan komitmen Perusahaan dalam menerapkan prinsip Environmental, Social, and Governance (ESG), yang secara bertahap area serapan karbon akan diperluas guna menghasilkan dampak lingkungan yang nyata dan berkelanjutan.

Perkuat Ritel

Pada bagian lain keterangannya, Gregory menjelaskan tentang rencana Perusahaan ke depan yang akan terus memperkuat posisinya di industri ritel Indonesia melalui pengembangan portofolio produk dari 52 home brands yang telah dikenal dekat dengan pelanggan, seperti KRISBOW, KRIS, KLAZ, STORA, SOLEIL, dan lainnya.

Perusahaan juga akan mengoptimalkan layanan omnichannel melalui aplikasi ruparupa sebagai wujud “the future of retail”, serta menghadirkan solusi kebutuhan rumah dan hidup dari A sampai Z dengan layanan komprehensif dan ide-ide kolaboratif.

Reporter : Ngatirin/rel

- Advertisement -

Tinggalkan Balasan

- Advertisement -

Berita Pilihan

BPJS Ketenagakerjaan Hadirkan Akses Perumahan Melalui MLT

mimbarumum.co.id - BPJS Ketenagakerjaan hadirkan Program Manfaat Layanan Tambahan (MLT), sebagai fasilitas bagi peserta Jaminan Hari Tua (JHT) untuk...