Gelar Maulid Nabi Muhammad, SMAN 3 Implementasikan Pendidikan Karakter

Berita Terkait

- Advertisement -

mimbarumum.co.id – Salah satu hikmah yang bisa diambil dari Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW adalah mengedepankan implementasi pendidikan karakter peserta didik terutama bagi siswa/siswi di SMA Negeri 3 Medan.

Demikian diungkapkan Plt Kepala SMAN 3 Medan Susianto pada sambutannya dihadapan ratusan peserta didik yang menghadiri Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW tahun 2024 yang rutin dilaksanakan setiap tahunnya di halaman sekolah Jl Budi Kemuliaan Medan, Kamis pagi (17/10/2024).

Tampil sebagai penceramah Al Ustaz Muhammad Fachrizal Manik SPd, para wakil kepala sekolah, guru dan tenaga pendidik serta seluruh siswa/siswi. Selain ceramah acara tersebut dimeriahkan musikal islami dan pembacaan Alquran.

Susianto menjelaskan, peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW ini mengambil tema pendidikan karakter di sekolah yang sangat penting untuk membangun moral serta akhlak dari pada hanya menuntut ilmu seperti biasa.

- Advertisement -

“Secara perlahan dan terus menerus kita senantiasa mengajar anak didik agar bersikap sopan santun, beretika dan berakhlak mulia. Ini yang selalu kita tanamkan kepada semua peserta didik khususnya di SMAN 3 Medan ini,” kata Susianto yang pernah menjadi kepala sekolah berprestasi tingkat Provinsi Sumatera Utara.

Sejak menjabat Plt Kepala SMAN 3 Medan pada 15 Oktober 2024 menggantikan Mukhlis MPd yang mengundurkan diri dikarenakan sakit. Susianto menerima amanah SK Kepala Dinas Pendidikan Provsu Abdul Haris Lubis guna melanjutkan proses kegiatan belajar mengajar dan pelayanan pendidikan di SMAN 3 Medan.

Susianto menyampaikan apresiasi atas amanah yang diberikan pimpinan dan bertekad bersama-sama wakil kepala sekolah, guru, tenaga pendidik dan warga sekolah lainnya untuk mencerdaskan anak bangsa dan menjadikan lulusan siswa/siswi SMAN 3 Medan yang berkualitas dan berprestasi.

Kedepan, Susianto berupaya melakukan pembenahan dan peningkatan apa yang bisa dikemas dalam bentuk potensi peserta didik baik itu pembekalan siswa mengikuti ajang lomba tingkat dunia. Sebanyak 16 siswa SMAN 3 saat ini dibekali ilmu dan pengetahuan untuk berkiprah di tingkat global di Singapura untuk kegiatan perlombaan internasional.

“SMAN 3 Medan ini sudah sangat baik dan merupakan barometer kemajuan pendidikan di Sumut. Kita akan melaksanakan pengembangan potensi siswa/siswi ingin meng-upgrade dan mengangkat sekolah ini ke level yang lebih tinggi di tingkat global,” ujarnya.

Sementara Al Ustaz Muhammad Fachrizal Manik dalam tausiahnya mengajak semua siswa/siswi SMAN 3 Medan mencontoh teladan Rasulullah SAW baik perbuatan dan tingkah laku. “Nabi Muhammad SAW diutus Allah Swt ke muka bumi di dunia ini guna memperbaiki akhlah dan moral manusia yang tidak baik,” paparnya.

Karenanya, siswa/siswi SMAN 3 Medan wajib mengikuti ajaran Rasulullah SAW secara baik dan benar tanpa terkecuali. “Agama islam mengajarkan kita semua menjadi manusia yang berbudi pekerti yang baik. Untuk itu, Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW ini kita laksanakan untuk mengambil hikmah positif dari perjalanan hidup beliau,” tutupnya.

Reporter : M Nasir

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -
spot_img
spot_img
spot_img

Berita Pilihan

PTPN IV Luncurkan PalmCo Scholarship:  Mahasiswa Indonesia Tidak Hanya Terima Beasiswa, Tapi Juga Peluang Bekerja

mimbarumum.co.id - Sub Holding PTPN III (Persero), PT Perkebunan Nusantara IV PalmCo meluncurkan Program Beasiswa PalmCo atau PalmCo Scholarship...