Bupati Hamsuardi Resmikan Rumah Tahfizh Pertama di Pasbar

Berita Terkait

- Advertisement -

mimbarumum.co.id – Bupati Kabupaten Pasaman Barat Haji Hamsuardi meresmikan rumah tahfizh pertama di Kabupaten Pasaman Barat di Batang Umpai, Nagari Aia Gadang Kecamatan Pasaman, Selasa (10/9/2024). Ini sebagai bukti kesungguhan mewujudkan program unggulan Bupati dan Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat.

Dalam sambutannya, Bupati Pasaman Barat Haji Hamsuardi optimis dirinya bersama jajaran Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat, dengan program unggulan Rumah Tahfizh ini akan lahir generasi unggul Pasaman Barat yang akan menjadi kebanggaan ummat.

“Program unggulan ini akan terus kita lanjutkan. Direncanakan akan dibangun Rumah Tahfizh per kecamatan, di mana pada saatnya nanti sesuai waktunya maka diharapkan masa 2 tahun anak-anak kita akan jadi hafizh,” ujar Haji Hamsuardi di hadapan tamu dan undangan pada acara peresmian Rumah Tahfizh Kabupaten Pasaman Barat.

Program Unggulan Rumah Tahfizh, kata Haji Hamsuardi, di bawah naungan Dinas Pendidikan Kabupaten Pasaman Barat (Disdik Pasbar).

- Advertisement -

“Untuk itu Disdik Pasbar diminta untuk melakukan evaluasi dan monitoring berkelanjutan pada program unggulan Rumah Tahfizh agar tercapai targetnya,” sebutnya.

Hamsuardi juga menyampaikan, bahwa di Rumah Tahfizh yang dibangun, dilengkapi berbagai fasilitas pendukung untuk, termasuk tenaga pendukung seperti, satpam, sopir, pengasuh asrama dan juga disediakan mobil untuk antar jemput anak-anak ke sekolah.

Di tempat yang sama, Kadis Pendidikan Kabupaten Pasaman Barat Dr. Adrianto, S.Ag., M.Pd, menyampaikan, dirinya dan jajaran Disdik Pasbar akan bekerja optimal untuk mendukung terlaksananya program unggulan Rumah Tahfizh ini.

“Rumah Tahfizh adalah penjabaran visi dan misi Bupati Pasaman Barat, oleh karena itu sudah menjadi keharusan bagi kami di Disdik Pasbar untuk bersinergi dengan instansi terkait lainnya agar program unggulan ini bisa berhasil sesuai harapan kita semua. Apalagi kita mengetahui Pasbar adalah daerah yang agamais, para orang tua di Pasbar sangat menginginkan anak-anak berhasil pendidikan dan juga berakhlak mulia serta hafal Al-Qur’an. Program strategis Bapak Bupati ini akan kita lanjutkan. Insya-Allah akan lahir hafizh-hafizh di Pasbar,” kata Dr. Adrianto, S.Ag., M.Pd.

Acara yang berlangsung dengan penuh khidmat, berjalan dengan baik dan lancar. Tampak hadir mendampingi Bupati, diantaranya; Wakil Bupati, Sekda, para Asisten, Kepala OPD, Korwilcam Disdik, Kepsek SMP, Kepsek SD, Wali Nagari dan Tokoh Masyarakat/Pemuda sekitarnya.

Rumah Tahfizh yang diresmikan, merupakan Rumah Tahfizh pertama yang akan menjadi model bagi pembentukan Rumah Tahfizh berikutnya. Dengan kapasitasnya menampung 40 orang siswa, pada saat ini tahap awal diketahui ada 20 orang siswa yang siap menghuni, berasal dari sekolah SMPN 4, 1 dan 6.

Seluruh kegiatan Rumah Tahfizh dibiayai oleh DPA Dinas Pendidikan Kabupaten Pasaman Barat, mulai dari pakaian, makan, perlengkapan mandi, transportasi, juga uang saku siswa.

Reporter: Jafar Sidik

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -

Berita Pilihan

PWI Sumut Akan Gelar SJI, Pj Gubsu Sampaikan Kuliah Umum

mimbarumum.co.id - Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumatera Utara akan menggelar Sekolah Jurnalisme Indonesia (SJI) pada 23 hingga 27 September...