Dapatkan Bantuan Pemerintah, Sanggar Budaya GENERASI Akan Mengadakan Festival Sastra dan Peradaban

Berita Terkait

- Advertisement -

mimbarumum.co.id – Sanggar Budaya GENERASI menyiapkan acara Festival Sastra dan Peradaban di Medan. Kepastian itu diperoleh seusai penandatanganan kerja sama dengan Pusat Pengembangan dan Pelindungan Bahasa dan Sastra Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Mendikbud ristek di Hotel Gran Melia, Jakarta, Kamis (28/8/24).

Perwakilan Sanggar Budaya GENERASI, Suyadi selaku direktur progam dan Zaim Dzaky Sanjaya selaku ketua panitia menghadiri kegiatan Pembekalan Calon Penerima Bantuan Pemerintah Bidang Kebahasaan dan Kesastraan: Penguatan Komunitas Sastra Tahun 2024 Periode II, di Hotel Gran Melia, Jakarta, 27–30 Agustus 2024.

Di pembekalan tersebut, Badan Bahasa selaku panitia mengundang narasumber dari Dirjen Pajak Kementerian Keuangan, Dirjen Anggaran Kementerian Keuangan, Badan Pemeriksa Keuangan, dan Inspektur Jenderal Kemdikbudristek. Selama empat hari, para calon penerima bantuan dilatih mengelola administrasi keuangan dan pembuatan laporan kegiatan.

Para penerima bantuan sejumlah 43 komunitas yang terdiri dari perwakilan tiap komunitas sastra seluruh penjuru Indonesia hadir dan mencermati kegiatan tersebut.

- Advertisement -

Di penutupan kegiatan tersebut, Kepala Pusat Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kemendikbudristek, Imam Budi Utomo menyampaikan, para penerima bantuan harus mengelola keuangan dengan baik agar tidak merugikan negara.

“Uang itu berasal dari pajak. Pasti diawasi oleh DPR. Setiap rupiah anggaran yang dikeluarkan mesti dipertanggungjawabkan,” katanya.

Ia juga minta seluruh penerima bantuan nantinya bisa menyiarkan kegiatan secara TSM. “Supaya masyarakat tahu, kegiatan fasilitasi komunitas sastra nanti bisa dilakukan secara TSM, yaitu terstruktur, sistematis, dan massif,” ucapnya saat menutup pembekalan, Kamis nalam (29/8).

Ia berharap, progam tersebut harus terus dijalankan untuk memajukan kebahasaan dan kesastraan di Indonesia.

“Tahun depan, panitia progam ini berubah. Karena kami fokus mengenai pelestarian bahasa daerah. Progam ini akan diteruskan ke Pusat Pembinaan Bahasa dan Sastra,” ungkapnya.

Kemudian, Sanggar Budaya GENERASI yang merupakan perwakilan dari Provinsi Sumatra Utara akan mengadakan “Festival Sastra dan Peradaban Sanggar Budaya GENERASI” yang akan segera diumumkan ke publik.

“Akan ada lomba baca puisi, penulisam naskah drama, pelatihan musikalisasi puisi, dan banyak lagi. Akan kita adakan sekitar akhir bulan Oktober saat acara puncaknya, yaitu pertunjukan sastra,” ucap Suyadi sebagai direktur progam.

Sanggar Budaya GENERASI Medan beserta komunitas Sastra Sumatra Utara lainnya, Bengkel Kreatif Menulis Padangsidimpuan dan Sanggar Maduma Humbang Hasundutan, menerima bantuan pemerintah bidang kebahasaan dan kesastraan periode II setelah melalui tahap seleksi sejak Juli 2024 hingga diumumkan awal Agustus 2024.

Reporter: Dzaky

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -

Berita Pilihan

Humas USU Torehkan Prestasi Raih Penghargaan Media Relations Awards 2024

mimbarumum.co.id - Universitas Sumatera Utara (USU) melalui Kantor Hubungan Masyarakat (Humas), Protokoler dan Promosi kembali mencatatkan prestasi gemilang di...