PKB Pemenang Pemilu di Kabupaten Samosir, Raih 2 Kursi di Dapil 1

Berita Terkait

- Advertisement -

mimbarumum.co.id – Hasil rekapitulasi suara Dapil 1 Kabupaten Samosir di 2 dua Kecamatan, Pangururan dan Ronggurnihuta telah selesai dilaksanakan pada Rabu, 28 Februari 2024.

“Dapil 1 Samosir sudah selesai melakukan rangkaian perolehan rekapitulasi suara peserta pemilu,” sebut Ketua KPU Samosir Vincentius Sitinjak, kepada mimbarumum.co.id, Jumat (1/3/2024) di Hotel Sitiotio, Pangururan.

Saat ditemui pada Pleno Rekapitulasi Perolehan Suara KPU Samosir, ia menambahkan, pihaknya sudah membagikan formulir DA kepada para saksi peserta pemilu.

Berdasarkan perolehan suara pada formulir DA Kecamatan Ronggur Nihuta yang ditandatangani Ketua PPK Ronggur Nihuta Togitua Samosir dan Kecamatan Pangururan yang ditandatangani oleh Ketua PPK Pangururan Labetua Simbolon, 6 parpol meraih 8 kursi di Dapil 1 Samosir.

- Advertisement -

Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) berhasil meraih 2 kursi Dapil 1 Samosir, berdasarkan data dihimpun mimbarumum.co.id, juga merupakan peraih suara terbanyak untuk Kabupaten Samosir secara keseluruhan.

Partai PDI-Perjuangan berhasil meraih suaraterbanyak di Dapil 1 Samosir, dengan perolehan 5.200 suara, disusul Partai Golkar dengan perolehan 4.804 suara.

Partai PKB meraih 4.705 suara berada di posisi ketiga, diikuti Partai Gerindra dengan perolehan 4.689 suara.

Sedangkan Partai Nasdem meraih 4.302 suara berada di urutan ke lima, disusul Partai Perindo meraih 1.531 suara.

Berdasarkan metode Sainte Lague yang merupakan metode untuk mengkonversi perolehan suara partai ke kursi di parlemen pada Pileg 2024 seperti diatur dalam Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum (UU Pemilu), maka perolehan kursi DPRD Samosir Dapil Samosir 1 sebagai berikut:

  1. Kursi Pertama adalah PDI-Perjuangan atas nama Edis Verianto Naibaho
  2. Kursi Kedua adalah Golkar atas nama Mian Fidelis Malau
  3. Kursi Ketiga adalah Partai PKB atas nama Nasip Simbolon
  4. Kursi Keempat adalah Partai Gerindra atas nama Renaldi Naibaho
  5. Kursi Kelima adalah Partai Nasdem atas nama Marco Christian Simbolon
  6. Kursi Keenam adalah Partai PDI-Perjuangan atas nama Osvaldo Ardiles Simbolon
  7. Kursi Ketujuh adalah Partai Golkar atas nama Polten Simbolon
  8. Kursi Kedelapan adalah Partai PKB atas nama Sudung Deodatus Sitanggang.

Dari perolehan kursi terakhir, tampak tiga partai yang memperebutkannya yaitu Partai PKB yang memperoleh Kursi kedelapan sisa suara 1.568 setelah dibagi 3, Partai Gerindra 1.563 suara setelah dibagi 3 dan Partai Perindo dengan 1.531 suara.

Reporter: Robin Nainggolan

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

Berita Pilihan

Kuasa Hukum Paslon 02 Vandiko – Ariston, Laporkan Plt Bupati Samosir

mimbarumum.co.id - Tim Kuasa Hukum Paslon 02 'VANTAS' Vandiko Timotius Gultom - Ariston Tua Sidauruk melaporkan Plt Bupati Samosir...