Malaysia Merajut Kembali Pasar Pariwisata Potensial

Berita Terkait

mimbarumum.co.id – Tourism Malaysia bersama Malaysian Association of Travel and Tourism Agents (MATTA) hari ini Kamis, 3 Agustus 2023 mengadakan Roadshow ke Medan untuk kembali merajut pasar potensialnya, yakni Indonesia, khususnya Sumatera Utara.

Roadshow ini bagian dari kunjungan resmi tiga kota besar antara lain Balikpapan (31/07), Jakarta (01/08) dan Medan. Tujuannya untuk merajut dan kembali membangun bisnis dengan pelaku usaha pariwisata Indonesia, khususnya Medan.

Konsul Jenderal Malaysia Aiyub Omar berharap akan terjadi peningkatkan promosi produk dan paket pelancongan terkini Malaysia dan mempertemukan pemain industri pelancongan Malaysia dan Indonesia dalam sesi Business to Business (B2B) yang diikuti puluhan pelaku usaha Malaysia dan Medan.

Hal ini dikatakannya perlu untuk kembali meningkatkan arus pariwisata dari Indonesia ke Malaysia ditargetkan bisa mencapai tiga juta wisatawan tahun ini.

Dengan meningkatnya kunjungan wisatawan, diharapkan bisa mengembalikan jumlah penghasilan Malaysia dari sektor wisata dari Indonesia yang pernah mencapai RM 12 miliar di tahun 2019 dan anjlok menjadi sekira RM 4 miliar di tahun lepas

Delegasi roadshow Malaysia kali ini dipimpin Dato’ Dr. Ammar Abd. Ghapar, Direktur Jenderal Tourism Malaysia yang diikuti 30-an top agent dari Persatuan agent-agent Pelancongan dan Pengembaraan Malaysia (MATTA), diantaranya beberapa wakil dari badan pelancongan negeri termasuk Malaysia My Second Home (MM2H), Homestay, Sepang International Circuit (SIC) dan Batik Air ikut didalamnya.

Selain sesi B2B, pengisian acara Roadshow ke Indonesia juga mengadakan program networking termasuk majlis makan malam yang turut dihadiri oleh ketua-ketua Asosiasi Pariwisata di Sumatera Utara seperti ASITA, ASTINDO, ASPPI dan AMPHURI serta kunjungan hormat dan perbincangan bersama Kepala Dinas Pariwisata kota Medan.

Dato’ Dr. Ammar dalam teks sambutannya yang dibacakan oleh Encik Muhammad Zaki Talib, Timbalan Pengarah Bahagian Promosi Antarabangsa (ASEAN), Tourism Malaysia mengatakan, Indonesia adalah salah salah satu pasaran yang penting untuk sektor pelancongan di Malaysia, sebab kedekatan jarak, budaya serta kapasitas penerbangan antara kedua-dua negara yang dapat terus ditingkatkan lagi.

“Pada tahun 2022, Malaysia mencatatkan ketibaan sebanyak 1.481 juta pelancong dari Indonesia dan angka tersebut merupakan yang kedua tertinggi selepas Singapura. Kedudukan ini dilihat terus konsisten dengan ketibaan 704,147 pelancong Indonesia yang dicatatkan pada suku pertama tahun ini,” katanya.

Konsul Jeneral Malaysia sangat mendukung acara ini, beliau menyatakan betapa pentingnya membangun kembali networking diantara kedua negara setelah pandemi, menurut beliau ini juga selayaknya menjadi momentum untuk mengenalkan destinasi baru selain Kuala Lumpur dan Penang seperti Perak, Melaka, Perlis yang akan mengadakan Tahun Melawat Negeri.

Selain itu diharapkan kepada para pelaku pariwisata untuk mengeksplorasi berbagai aktivitas wisata lainnya di Malaysia seperti sport tourism, homestay, MM2H dan edu tourism.
Dalam sesi bersama Media yang juga hadir Konsul Jeneral Malaysia di Medan, Encik Aiyub Omar, Encik Rocky Kho Honorary Treasurer Malaysian Association of Tour & Travel (MATTA), Encik Azhan Shafriman Hanif, CEO of Sepang International Circuit (SIC) dan Chan Hon Mun, Tourism Consul/Director Tourism Malaysia Medan.

Sementara dari Medan ada 60-an top agent kota Medan hadir dan berinteraksi dengan pelaku-pelaku pariwisata Malaysia, diharapkan dari kegiatan ini akan tercipta paket-paket wisata menarik yang akan dinikmati masyarakat Indonesia khususnya Medan, Sumatera Utara.

Sepang Punya Target Besar

CEO Sepang Shafriman secara terpisah mengatakan punya target besar untuk pasar Sumatera, terutama Medan. Menurutnya jarak perlaksnaan yang dekat dengan MottoGP Mandalika membawa makna tersendiri. Selain bisa membangun kerja sama promo untuk pasar di kawasan yang sama ASEAN, letak geografisnya mempermudah transportasi. Terutama pasar Sumatera.

Untuk kembali mengejar pasar setelah pandemi covid19 yang baru saja usai, dia mengatakan dengan akses dan harga tiket, travel agent bisa menjual paket wisata MottoGP dengan harga sangat terjangkau.

“Kini dengan semakin banyaknya alternatif transportasi dan hotel, paket-paket untuk menonton MottoGP Sepang November mendatang semakin mudah dan terjangkau,” tuturnya kepada MIMBAR.

Reporter : Rizanul Arifin

- Advertisement -

Tinggalkan Balasan

- Advertisement -

Berita Pilihan

Workshop “UMKM Go Modern dan Ekspor Pasti Bisa”, Kolaborasi INALUM dan Pemkab Batu Bara Dorong UMKM Naik Kelas

mimbarumum.co.id - Pemerintah Kabupaten Batu Bara bersama PT Indonesia Asahan Aluminium (INALUM) resmi membuka workshop bertajuk “UMKM Go Modern...