SMAN 5 Medan Apresiasi Siswa Lulus SNBP 

Berita Terkait

- Advertisement -

mimbarumum.co.id –  Kepala SMA Nageri 5 Medan Suprayitno memberikan apresiasi kepada 16 siswa yang lulus jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) 2023 di SMAN 5 Medan yang diumumkan pada 28 Maret 2023. 

Ditemui di sekolahnya Jalan Pelajar Medan, Kamis (30/3/2023), Suprayitno menjelaskan, dari total 316 siswa kelas 12 terdapat 167 siswa yang memenuhi syarat (eligible), sementara tahun sebelumnya berjumlah 35 siswa. Salah satu kegagalan siswa di jalur SNBP 2023 disebabkan persaingan ketat dan kesalahan memilih program studi.

“Para siswa terkonsentrasi di satu program pilihan dengan jumlah peminat yang tinggi, sehingga menyebabkan peluang masuk di PTN semakin kecil. Tim guru pembimbing juga telah mengimbau siswa eligible agar selektif menentukan program studi pilihan yang sedikit persaingannya,” ucap mantan guru SMAN 3 Medan ini.

Pada kesempatan itu Suprayitno mengapresiasi siswa-siswi SMAN 5 yang berhasil masuk di beberapa universitas negeri berkelas lokal seperti USU, UNIMED dan lainnya  maupun nasional. “Kerja keras, gigih, tekun, disiplin dan semangat pantang menyerah sehingga membuktikan siswa bisa masuk di kampus negeri,” tambahnya.

- Advertisement -

Suprayitno juga bangga semua siswa bisa lulus melanjutkan studi di perguruan tinggi berkas dorongan dan perhatian dewan guru dan bantuan orang tua yang selama ini memilki kepedulian sehingga anak didik bisa berhasil meraih mimpi dan cita-cita mulia dapat kuliah di Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

SMAN 5 bekerjasama dengan Bimbingan Belajar Sony Sugema College (SSC) Medan mengadakan try out tatap muka 25 pertemuan gratis diberikan bagi siswa kelas 12 yang akan mengikuti Seleksi Nasional Berdasarkan Tulis (SNBT) 2023 ini.

Tahun lalu, jumlah lulus jalur UTBK yang saat menjadi SNBT totalnya 210 siswa. SMAN 5 berada di peringkat 4 besar di Sumatera Utara dan peringkat 14 nasional jumlah siswanya diterima di Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

“Try out yang sudah berlangsung selama 3 bulan itu, peserta didik SMAN 5 memiliki angka passing grade yang baik. Sehingga kita berharap para siswa akan lebih banyak lulus di PTN yang tersebar di seluruh Indonesia,” katanya.

Suprayitno yakin dan percaya jika  siswa kelas 12 nanti akan menambah koleksi jumlah terbesar diterima di kampus terfavorit melalui jalur SNBT 2023 yang akan dilaksanakan bulan April 2023.

“Semua siswa sudah melakukan persiapan yang matang baik mental, semangat, belajar dengan tekun dan optimis akan hasil terbaik yang diperoleh setelah mengikuti SNBT tersebut. Kita terus memotivasi siswa agar berbuat yang terbaik dan tunjukkan kemampuan potensi akademik yang sudah didapat di bangku sekolah selama ini,” katanya.

Reporter : M Nasir

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -

Berita Pilihan

Humas USU Torehkan Prestasi Raih Penghargaan Media Relations Awards 2024

mimbarumum.co.id - Universitas Sumatera Utara (USU) melalui Kantor Hubungan Masyarakat (Humas), Protokoler dan Promosi kembali mencatatkan prestasi gemilang di...