Menuju 1 Abad, Koran MimbarUmum Gelar Syukuran HUT Ke 77 

Berita Terkait

- Advertisement -

mimbarumum.co.id – Tradisi Peringatan Syukuran HUT Ke 77 Koran Mimbar Umum Tahun 2022 dilaksanakan di markas besar koran tertua di Indonesia ini, di Komplek Grand Denai No 185 L, Jalan Panglima Denai Medan, Minggu (6/11/2022). Acara digelar secara sederhana dan penuh khidmat.

Prosesi perayaan HUT Koran Mimbar Umum diawali dengan ziarah bersama ke Perkuburan Muslim Jalan Ibrahim Umar, Gang Sado, Medan. Di sana bersemayam pemilik Koran Mimbar Umum, almarhum H Hasbullah Lubis dan almarhum HM Fauzi Lubis.

Turut ikut berziarah, Pemimpin Perusahaan Ngatirin, Pemimpin Redaksi Jalaluddin, Ketua Panitia HUT Ke 77 Koran Mimbar Umum 2022 Jamaluddin SPd, serta redaktur, wartawan dan karyawan. Suasana terlihat begitu sakral dan religius.

Usai berziarah, rombongan karyawan Koran Mimbar Umum menyambangi sesepuh dan wartawan senior Koran Mimbar Umum era 1950-1990 Muhammad Tun Wan Hairiah, yang juga merupakan tokoh pers, di kediamannya, Jalan Sei Alas Medan. Kini beliau telah menginjak usia 90 tahun.

- Advertisement -

Kemudian, acara dilanjutkan dengan pembacaan tahtim, tahlil dan takhmid yang dibawakan oleh 25 anak yatim dari Panti Asuhan Alwashliyah, Jalan Ismailiyah Medan. Mereka pun tak lupa mendoakan Koran Mimbar Umum agar tetap eksis hingga nanti menyentuh usia seabad, atau 100 tahun).

Lantunan doa juga ditujukan untuk para pendahulu Koran Mimbar Umum yang telah meninggal dunia, diantaranya almarhum Bustamam, M Arif Lubis, H Syamsuddin Manan Lubis dan H M Fauzi Lubis bin Muhammad Hasbi Lubis.

Acara kemudian berlanjut dengan mendengarkan kata sambutan dan wejangan dari Pemimpin Umum Koran Mimbar Umum, Muhammad Hasbi Alfauz Lubis, yang berlangsung via App Discourd.

“Banyak inovasi yang sudah didelegasikan Tim Koran Mimbar Umum, yang kini sudah memiliki podcast dan Mimbar TV. Ini menunjukkan kemajuan yang pesat pasca Covid-19 selama 2 tahun terakhir yang melemahkan semua sektor. Namun, syukur alhamdullilah Mimbar Umum bisa bangkit dan berkibar,” ungkap Hasbi.

Ia juga mengharapkan hubungan harmonis diantara personil Koran Mimbar Umum terus terbina dengan baik.

“Tumbuhkan semangat soliditas dan kebersamaan, agar tujuan mulia kita menjadikan Koran Mimbar Umum tetap eksis hingga 100 tahun berkontribusi dan menjadi media
cetak yang dibutuhkan warga Medan,” harap Hasbi.

Sementara, Ketua Panitia Jamaluddin, menyampaikan ucapan terima kasih atas kehadiran anak yatim Panti Asuhan Alwashliyah.

“Setiap tahun kita terus berbagi kasih dan memberikan santunan serta bakti sosial sebagai wujud syukur. Tentu harapannya, di usia 77 tahun koran Mimbar Umum tetap jaya,” ujarnya.

Sedangkan Pemimpin Perusahaan Ngatirin mengatakan, sebagai koran tertua di Sumatera Utara yang tetap terbit yang berdiri sejak 6 November 1945, kedepan Koran Mimbar Umum menjadi koran perjuangan dan bisa tetap konsisten menyuarakan kepentingan ummat.

“Di usia 77 tahun ini, Koran Mimbar Umum dapat bertahan dan mampu bersaing dengan media cetak lainnya. Ini bukti bahwa komitmen bersama-sama keluarga besar untuk tetap memajukan koran ini sangat besar. Hal ini diwujudkan dari kepedulian bersama, sehingga koran ini masih terus eksis dan berkiprah,” paparnya.

Kegiatan diakhiri makan bersama keluarga besar Koran Mimbar Umum, pemberian tali asih kepada anak yatim Panti Asuhan Alwashliyah Medan, ramah tamah dan berdiskusi membahas program kerja guna kemajuan koran ini di masa mendatang.

Selain kegiatan ini, Panitia HUT Ke 77 Koran Mimbar Umum mengagendakan berbagai kegiatan yang telah disusun dan direncanakan di ulang tahun ke 77 tahun 2022 ini.

Reporter : M Nasir

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

Berita Pilihan

Kantor Demaf/Semaf FDK UINSU Disegel, Desak Rektor Bekukan Kepengurusan

mimbarumum.co.id - Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Penyelamat Fakultas Dakwah Dan Komunikasi (APFDK) UIN Sumatera Utara, menggelar aksi...