Dinkes  Lakukan Pengobatan Massal untuk Para Napi

Berita Terkait

- Advertisement -

mimbarumum.co.id – Dinas Kesehatan Kota Padang Sidimpuan melalui Puskesmas Pijorkoling bekerjasama dengan Lapas Salambue Kelas IIB Padang Sidimpuan  melakukan pengobatan massal dan skrining Kesehatan untuk para narapidana.

“Menjamin kesehatan sesama (warga binaan) merupakan tanggung jawab kita bersama,hadir nya Dinas Kesehatan disini dalam upaya menjamin kesehatan para warga binaan. Dan kami juga siap sedia dalam membantu menjamin kesehatan para warga binaan untuk kedepannya,” jelas Kadis Kesehatan Kota Padang Sidimpuan, Sopian Subri, di Aula Lapas Kelas IIB Padang Sidimpuan, kemarin.

Sopian Subri mengungkapkan bahwa kegiatan ini terlaksana karena atas hasil kerjasama yang baik untuk membuktikan kepada warga binaan mengecek kesehatan ini hal yang positif.

Kepala Lapas Salambue Kelas IIB Padang Sidimpuan Indra Kesuma mengutarakan ini bentuk kepedulian sekaligus kegiatan untuk mengobati, mendeteksi dan mencegah berbagai penyakit baik penyakit menular maupun yang tidak menular di lingkungan lapas.

- Advertisement -

“Kita lakukan kegiatan ini sebagai langkah antisipatif untuk mengetahui kondisi kesehatan WBP karena dengan kondisi jumlah penghuni yang padat tentunya sangat rentan terserang berbagai penyakit. Sehingga kita bisa melakukan rencana tindak lanjut dengan puskesmas,” ujarnya.

Ini merupakan upaya yang nyata untuk memenuhi setiap hak dan kebutuhan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) sesuai amanat Undang-Undang RI Nomor 12 Tahun 1995 tentang Pemasyarakatan Pasal 14 ayat 1D, yang berbunyi, Narapidana berhak mendapatkan pelayanan kesehatan dan makanan yang layak.

Terpisah Kasubsi Perawatan Lapas Padang Sidimpuan, M. Zulkaply Siregar didampingi Staf Perawatan, Mara Bintang, menegaskan bahwa kegiatan pengobatan dan skrining kesehatan ini diikuti lebih dari 325 orang warga binaan, baik tahanan maupun narapidana secara bergilir dengan tujuan sebagai salah satu upaya deteksi dini dan wujud kesiagaan  terhadap penanganan kesehatan warga binaan.

Reporter : Rizal Nasution

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -

Berita Pilihan

Fakultas Fisipol Buka Pendaftaran Mahasiswa Baru Program Studi IP dan AN

mimbarumum.co.id - Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Graha Nusantara Padangsidimpuan (UGNP) membuka pendaftaran mahasiswa baru program studi...