Bobby Buka Musrembang, Persoalan Sampah Medan Program Prioritas

Berita Terkait

- Advertisement -

mimbarumum.co.id – Wali Kota Medan Bobby Nasution secara resmi membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) RKPD Kota Medan Tahun 2022. Ia berharap Kota Medan bebas dari Covid-19 dan persoalan kebersihan dapat teratasi hingga ke lingkungan.

 

Kegiatan berlangsung, Selasa (30/3/2021) di Hotel Santika Dyandra Medan. Bertemakan, “Kolaborasi stakeholder pembangunan kota untuk pemulihan ekonomi melalui peningkatan layanan kesehatan, pemberdayaan sosial dan pembangunan infrastruktur menuju Medan berkah, maju dan kondusif.”

 

- Advertisement -

Pada kesempatan ini, Bobby menyatakan keinginan agar hasil Musrenbang ini dapat benar-benar dirasakan manfaatnya oleh seluruh masyarakat Kota Medan. Terutama menitikberatkan terhadap lima program prioritas Pemko Medan. Pertama, peningkatan pelayanan kesehatan terutama dalam menekan angka penyebaran virus Covid-19 dengan target dapat keluar dari zona merah.

“Kita harus yakin kota Medan dapat keluar dari zona merah covid-19, ini harus bisa kita capai,” kata Bobby.

Selanjutnya kedua, Wali Kota Medan menekankan masalah kebersihan kota. Dia menginginkan Dinas Kebersihan dan Pertamanan dapat berkolaborasi dengan Kecamatan. Supaya dapat dilakukan pembagian tugas agar masalah kebersihan ini dapat menjangkau hingga kelingkungan.

 

“Masalah kebersihan di Kota Medan harus terstruktur. OPD harus berkolaborasi dengan Kecamatan untuk mengatasi masalah ini hingga ke lingkungan. Apabila itu dapat kita capai tentu kita akan percaya diri berkolaborasi dengan Kab/ kota lainya dan Pemerintah Provinsi,” pintanya.

 

Yang ketiga, mengenai peningkatan infrastruktur. Artinya penanganan infrastruktur harus dapat cepat diselesaikan. Wali Kota Medan menargetkan selama dua tahun kedepan masalah infrastruktur di Kota Medan harus sudah di selesaikan.

 

“Saya minta selama dua tahun masalah infrastruktur di Kota Medan dapat diselesaikan karena ini menjadi keluhan masyarakat. Namun saya ingatkan kualitas infrastruktur yang dibangun harus dijaga jangan asal membangun,” paparnya.

 

Banjir Bukan Hanya Tanggung Jawab Satu OPD

 

Setelah itu yang keempat, menurut Wali Kota, bertekad membangun kawasan heritage Kesawan untuk dijadikan The Kitchen of Asia. Dan yang kelima, lanjut Wali Kota Medan lagi ialah masalah penanganan banjir. Masalah tersebut menjadi tanggung jawab semua OPD, karena itu OPD harus saling berkolaborasi untuk mengatasi permasalahan banjir ini.

 

“Banjir bukan hanya tanggung jawab satu OPD, tetapi semua OPD karena kalau sudah banjir semuanya pasti terkena imbasnya,” imbuhnya.

 

Untuk mencapai kelima program prioritas tersebut, Wali Kota Medan mengutarakan, harus ada perencanaan berdasarkan informasi dari setiap permasalahan yang ada. Informasi yang diproleh tersebut selanjutnya diolah menjadi data setelah itu barulah dapat dibuat sebuah perencanaan.

 

“Masing-masing OPD harus memiliki data yang akurat. Kalau sudah akurat barulah kita dapat membuat perencanaan. Setelah itu kita lakukan eksekusi (pengerjaan) dan pengawasan. Namun ada baiknya dalam perencanaan tersebut melibatkan instusi dari luar Pemko Medan seperti berkolaborasi dengan USU sehingga perencanaan tepat sasaran. Begitu pula halnya dengan pengawasan harus melibatkan pihak luar seperti BPK dan BPKP tujuanya agar pembangunan berjalan dengan baik serta target PAD dapat meningkat,” tandasnya.

 

Sementara itu, Ketua DPRD Kota Medan, Hasyim, SE dalam sambutanya menyebutkan, Musrenbang ini sangat strategis dalam menetapkan RKPD tahun 2022. Yang menjadi pedoman dalam memutakhirkan rencana kerja OPD di lingkungan Pemko Medan pada tahun 2022.

 

“Kami berharap usulan yang telah disampaikan dapat diakomodir oleh Pemko Medan melalui OPD terkait. Dan para OPD harus benar-benar mencermati sasaran pembangunan, DPRD Medan juga akan senantiasa mengawal dalam fungsi pengawasan,” harap Hasyim.

Reporter : Jepri Zebua

Editor : Siti Murni

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

Berita Pilihan

Kapolrestabes Medan KBP Gidion Arif Setyawan Lanjutkan Kunjungan Silaturahmi ke NU dan Muhammadiyah

mimbarumum.co.id - Kapolrestabes Medan Komisaris Besar Polisi (KBP) Gidion Arif Setyawan, S.I.K., S.H., M.Hum melanjutkan kunjungan silaturahmi ke Pengurus...