Sidang Molor Satu Jam, Bupati Sampaikan Nota Pengantar LKPj 2019

Berita Terkait

- Advertisement -

mimbarumum.co.id – Bupati Samosir Rapidin Simbolon menyampaikan Nota Pengantar Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) Bupati Samosir TA 2019, pada Rapat Paripurna DPRD, Selasa (2/6/2020) di gedung dewan, Parbaba, Kecamatan Pangururan.

Pada paripurna dewan yang molor satu jam lebih dari jadwal yang ditentukan pukul 10.00 Wib itu, Bupati Rapidin mengatakan, LKPj Bupati merupakan satu kewajiban yang harus dipenuhi dan merupakan wujud tanggung jawab eksekutif kepada legislatif.

“Ini merupakan check and balance pemantapan hubungan baik penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan serta pembinaan dan pembedayaan masyarakat,” sebut Rapidin.

Baca Juga : Pemko Medan Dukung Pilkada Desember Mendatang

- Advertisement -

Dalam LKPj, ia menyampaikan, peningkatan pertumbuhan ekonomi Kabupaten Samosir dari 5,58 persen tahun 2018 menjadi 5,70 persen di tahun 2019.

Selanjutnya dijelaskan ada penurunan angka kemiskinan, yakni 13,8 persen dengan jumlah 16.810 jiwa tahun 2018, menurun menjadi 15,52 persen sebesar 15.789 jiwa pada tahun 2019. “Indeks Pembangunan Manusia (IPM) meningkat dari 66,99 persen menjadi 70,55 persen tahun ini,” jelas Rapidin.

Ketua DPRD Samosir, Saut Martua Tamba menegaskan, suasana paripurna kali ini terasa berbeda dari biasanya, karena Indonesia dan dunia dilanda pandemi Covid-19. “Pemerintah telah mengeluarkan berbagai kebijakan untuk mencegah penyebaran dan penularan wabah virus itu,” sebutnya.

Ditambahkannya, sebagai upaya memutus rantai penyebaran dan penularan Covid-19, pelaksanaan paripurna dilakukan dengan protokol kesehatan.

Ia mengimbau Pemkab bersama para stakeholder untuk bergerak cepat, tepat dan sigap dalam penanggulangan covid-19. Paripurna LKPj Bupati akan dilanjutkan pada 19 Juni 2020.

Reporter : Robin Nainggolan
Editor : Redaksi

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

Berita Pilihan

Kuasa Hukum Paslon 02 Vandiko – Ariston, Laporkan Plt Bupati Samosir

mimbarumum.co.id - Tim Kuasa Hukum Paslon 02 'VANTAS' Vandiko Timotius Gultom - Ariston Tua Sidauruk melaporkan Plt Bupati Samosir...