Babi Terjangkit Hog Cholera Terus Bertambah

Berita Terkait

- Advertisement -

mimbarumum.co.id – Hewan ternak Babi terjangkit virus Hog Cholera terus makin bertambah. Kini mewabah ke 11 kabupaten kota di Provinsi Sumatera Utara. Hingga saat ini jumlah total babi yang mati mencapai 4.682 ekor.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Sumut Azhar Harahap mengungkapkan, penyebaran virus tersebut sangat cepat.

“Penularan itu bisa berkembang melalui udara, sangat gampang. Saat ini, perkembangan virus tersebut sudah sampai ke 11 kabupaten kota,” beber Azhar Harahap ditemui di Jalan Gatot Subroto, Medan, Rabu (6/11/2019).

Baca Juga : Jumlah Babi Terkena Hog Cholera Bertambah

- Advertisement -

Selain itu, pihaknya menduga perpindahan hewan ternak antar kandang menjadi faktor utama pemindahan virus tersebut. Namun, virus tersebut tidak berbahaya ke ternak lainnya. Begitu juga terhadap manusia.

“Penularan ke manusia belom ada. Ternaknya masih bisa dikonsumsi manusia. Hanya Babi saja, ternak lain tidak,” jelasnya.

Terkait dengan mewabahnya virus Hog Cholera ini, pihaknya pun sudah melaporkan ke pemerintah pusat melalui Kementerian Peternakan. Mereka juga sudah berkoordinasi dengan pemerintah kabupaten kota di Sumut untuk pencegahan menyebarnya virus tersebut.

Diketahui, ratusan bangkai Babi ditemukan mengambang di Danau Siombak dan Sungai Bedera. Diduga hewan tersebut mati karena terjangkit Hog Cholera.

Hal itupun membuat heboh masyarkat. Selain Medan, peristiwa serupa juga terjadi di Kabupaten Dairi, Humbang Hasundutan dan Deliserdang. (ml)

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

Berita Pilihan

Wali Kota Realisasikan Janji, Bantu 13 Mahasiswa Medan

mimbarumum.co.id - Bobby Nasution merealisasikan janjinya bersama H Aulia Rachman saat mencalonkan diri menjadi Wali Kota dan Wakil Wali...