Jumlah Babi Terkena Hog Cholera Bertambah

Berita Terkait

- Advertisement -

mimbarumum.co.id – Jumlah babi di Sumut yang terkena virus hog cholera semakin bertambah. Saat ini jumlah babi yang telah mati mencapai 4.070 ekor.

Melihat jumlah itu, Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Sumatera Utara melakukan beberapa rekomendasi di Kantor Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Sumut, kemarin.

Beberapa rekomendasi, pertama setiap kabupaten/kota diminta membentuk posko pelaporan terhadap perkembangan penyakit hog cholera.

Baca Juga : Ribuan Babi Mati Bukan Akibat Virus ASF

- Advertisement -

“Kedua provinsi juga akan membentuk posko pelaporan ini agar bisa lebih cepat mengambil tindakan langkah-langkah pengendalian ke depannya,” ujar Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Sumut, Azhar Harahap.

Saat ini 11 kabupaten/kota yang sudah positif tertular virus tersebut yakni, Dairi, Humbang Hasundutan, Deliserdang, Medan, Karo, Toba Samosir, Serdang Bedagai, Tapanuli Utara, Tapanuli Tengah, Tapanuli Selatan dan Samosir.

Azhar juga melanjutkan, selain dua rekomendasi itu, rekomendasi lainnya agar peternak babi di kabupaten/kota juga diminta meminimalisir perpindahan ternak dari satu tempat ke tempat lain.

Azhar mencontohkan, misalnya Kabupaten Karo, saat ini kalau bisa konsumsi babi nya diambil dari Karo saja.

“Jadi jangan diambil dari kabupaten lain yang nantinya membawa penyakit juga ke Karo. Kalau dia ambil babi dari Karo saja, ternaknya terjual dan tidak terjangkit juga,” ucapnya.

“Termasuk juga melakukan vaksinasi kepada daerah yang belum terjangkit. Keenam seluruh perusahaan peternakan babi sesuai Permentan Nomor 5 Tahun 2017 dan 2019 agar ikut membantu masyarakat dalam hal ini peternak kecil untuk memberikan penyuluhan maupun pengendalian penyakit hog cholera. Kalau tidak, saya tidak rekomendasi perpanjangan izinnya,” kata Azhar.

Terakhir ia berharap agar media juga memberikan informasi yang jelas terkait virus ini. Tidak memberikan berita hoax yang mengakibatkan masyarakat dan peternak lebih khawatir yang ujungnya berdampak pada ekonomi Sumut khususnya pedagang babi. (zat)

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

Berita Pilihan

Wali Kota Realisasikan Janji, Bantu 13 Mahasiswa Medan

mimbarumum.co.id - Bobby Nasution merealisasikan janjinya bersama H Aulia Rachman saat mencalonkan diri menjadi Wali Kota dan Wakil Wali...