Ribuan Babi Mati Bukan Akibat Virus ASF

Berita Terkait

- Advertisement -

mimbarumum.co.id – Ribuan babi di Sumut mati bukan karena virus African Swine Fever (ASF). Hal itu dibantah oleh Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Sumut setelah Balai Veteriner mengumumkan hasil laboratorium.

Kabid Kesehatan Hewan, drh Mulkan Harahap M.Si membantah bahwa banyaknya babi yang mati di sejumlah daerah di Sumut lantaran karena tertular virus demam babi Afrika.

“Isu yang berkembang ini tidak benar. Jadi berdasarkan hasil laboratorium itu babi tersebut mati positif karena terjangkitnya virus kolera babi. Memang virus ini menyebabkan kematian yang sangat cepat dan sebarannya juga semakin cepat,” terang Mulkan saat dijumpai di ruangan kerjanya, Rabu (30/10/2019).

Baca Juga : Warga Desa Karo Kini Trauma Berternak

- Advertisement -

Kata dia, sampai 29 Oktober 2019 ini jumlah babi yang mati di 11 kabupaten di Sumut sebanyak 3101 ekor, terbanyak di Dairi mencapai 1595, kedua terbanyak Deliserdang yang mencapai 700 ekor.

Sebut Mulkan, beberapa hari lalu Tim dari Dirjen Peternakan dan Direktorat Kesehatan Hewan Pusat, Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Sumut dan Balai Veteriner Medan, Balai Karantina Belawan turun ke kabupaten untuk meneliti penyebab banyaknya babi mati akibat terjangkit virus kolera ini.

“Kita belum bisa mengatakan bahwa babi yang mati itu terjangkit tertular virus demam babi. Karena masih dalam pemeriksaan. Dan, yang berhak mengumumkan bila benar terjangkit virus demam babi ini adalah Menteri Pertanian,” terangnya.

Untuk itu, Mulkan menambahkan untuk menuntaskan permasalahan tersebut, sudah dibentuk Tim Gerak Cepat terdiri dari PU, Lingkungan Hidup, Dinas Ketahanan Pangan dan Hortikultura/ Dinas Pertanian dan lainnya menerima laporan dari masyarakat.

Sebab masih ada saja info yang tidak dilaporkan masyarakat, karena itu manfaatkan tim yang sudah terbentuk. Dengan kerjasama yang baik tentunya ada solusinya. (ml)

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

Berita Pilihan

Wali Kota Realisasikan Janji, Bantu 13 Mahasiswa Medan

mimbarumum.co.id - Bobby Nasution merealisasikan janjinya bersama H Aulia Rachman saat mencalonkan diri menjadi Wali Kota dan Wakil Wali...