Asyiknya Memandang Hamparan Luas Tanaman Jagung di Samosir

Berita Terkait

- Advertisement -

mimbarumum.co.id – Bupati Samosir mengapresiasi dua perusahaan swasta di daerah itu yang melakukan investasi pada sektor pertanian, khususnya melakukan penanaman jagung di areal seluas 400 hektar.

“Program tanam jagung ini, sejalan dengan visi daerah dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat yang dititik beratkan pada sektor pariwisata dan pertanian,” kata Bupati Samosir, Rapidin Simbolon, Rabu (22/5/19) di Pangururan.

Ia menyampaikan itu usai melihat langsung ratusan hektar lahan pertanian jagung di Parbaba, Kecamatan Pangururan, Kabupaten Samosir, Sumatera yang dikelola PT Sumatera Harapan Niaga bekerjasama dengan PT Benget Rojaya Grup.

Bupati Samosir meninjau tanaman jagung siap panen. (Mimbar/ist)

Menurutnya, pola kerjasama yang diterapkan perusahaan dengan memanfaatkan lahan tidur dinilai akan menjadi motivasi bagi masyarakat untuk lebih giat bertani.

- Advertisement -

“Dengan pola ini, dipastikan tidak ada lagi lahan tidur, masyarakat akan berlomba bercocok tanam,” imbuh Rapidin.

Sementara Direktur PT Benget Rojaya Group, Punguan Situmorang mengatakan, menartargetkan seribuan hektare lahan kurang produktif di wilayah Kabupaten Samosir akan dimanfaatkan menjadi lahan bernilai ekonomis dengan menaman jagung sistem kontrak.

“Masyarakat di daerah ini tinggal memberikan data lahan tidur milik mereka, selanjutnya kita yang mengelola sampai musim panen,” pungkasnya.

Dijelaskan Punguan, sampai saat ini baru menanam jagung sekira 400 hektar lahan dan kondisinya sudah siap untuk dipanen.

“Sistem kontrak yang kita terapkan menguntungkan kedua belah pihak, baik perusahaan maupun masyarakat sebagai pemilik lahan,” ujarnya.

Punguan mengajak seluruh masyarakat Samosir agar jeli memanfaatkan peluang peningkatan ekonomi di era ini.

Ia mengatakan, fasilitas pertanian yang dimiliki perusahaannya saat ini harus dimanfaatkan secara optimal. “Warga tinggal menghubungi kita, selanjutnya alat pertanian dengan tekhnologi modern akan kita turunkan,” sebut Punguan serius. (RN)

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

Berita Pilihan

Kuasa Hukum Paslon 02 Vandiko – Ariston, Laporkan Plt Bupati Samosir

mimbarumum.co.id - Tim Kuasa Hukum Paslon 02 'VANTAS' Vandiko Timotius Gultom - Ariston Tua Sidauruk melaporkan Plt Bupati Samosir...