Youtube: Cara Baru Mencari Popularitas dan Ajang Kreativitas Millenial

Penulis : Ahmad Riyansyah, M.E
(Dosen STAIN Mandailing Natal)

Popularitas memang mudah sekali didapat di era milenial saat ini, ketika mampu tampil di media sosial dengan banyak pengunjung yang menyaksikan tayangannya, termasuk sajian dari aplikasi Youtube. Aplikasi Youtube ini memberi efek spesial, unik dan menarik yang tersaji dalam video pendek maupun dalam durasi panjang.

Aplikasi berlogo panah dan berwarna merah ini dapat digunakan oleh penggunanya dengan mudah, aplikasi ini dapat membuat video inspiratif, hal terbaru dalam pergaulan, maupun menyajikan berita-berita tanpa regulasi dan aturan baku pers.  Jika berhasil membuat hasil yang keren dan paling banyak dibicarakan, maka akan banyak yang melihat dan menjadi populer apalagi jika semakin menarik dan video tersebut dipamerkan kepada teman-teman pengguna media sosial lainnya yang dikenal dengan nama netizen.

Hosting Unlimited Indonesia

Video yang dibuat lalu diunggah ke media sosial seperti You Tube yang kemudian ditonton banyak orang ini dikenal dengan istilah viral. Viral adalah kata menarik dan akrab di dunia maya, ini merupakan ungkapan baru yang menggambarkan popularitas seseorang. Viral memiliki arti populer tingkat tinggi. Semua tergantung pada kreativitas pelakunya dan hal lainnya yang membuatnya viral.

You Tube mungkin awalnya digunakan hanya untuk seru-seruan, tetapi kali ini banyak digunakan untuk mencari sensasi dan menaikkan popularitas. Aplikasi yang sangat diminati orang Indonesia bahkan seluruh dunia ini mampu mengalahkan ramainya pengguna aplikasi whatsapp, intagram bahkan facebook.

Tidak hanya remaja saja, anak-anak bahkan sampai kepada orang dewasa banyak sekali yang telah menggunakan aplikasi ini. Aplikasi ini mungkin bisa mengalahkan televisi karena apa saja dan siapa saja ada di dalamnya, tergantung para penikmatnya memilih ingin melihat sajian apa. Perlu pengawasan dan penyertaan peran orang tua bagi kalangan anak yang membuka youtube, karena segala macam video bisa diakses dengan sarana ini. cukup dengan mengetik kata perkata sesuai keinginan di mesin pencari.

Beberapa orang terkenal Indonesia lahir dari Youtube seperti Atta Halilintar dan keluarga besarnya, Ria Ricis, Arif Muhammad dan masih banyak lainnya. Mereka membuat video jenaka nan kreatif, informasi baru, video perjalanan, bahkan juga kunjungan bertamu ke artis konvensional, politikus maupun pemimpin-pemimpin seperti presiden salah satunya. Youtubers adalah nama sebutan artis-artis model baru ini.

Ternyata yang membuat takjub dengan kreatifitas youtubers tak hanya terbayar dengan popularitas saja melainkan juga mendapatkan uang dari aplikasi hebat ini dihitung pada tiap pengguna aplikasi youtube yang melihat video mereka. Ini pada aktivitas dunia maya sering diberi sebutan viral. Mereka yang viral bisa mengalahkan artis konvensional dalam perbincangan dunia selebritis sampai pada soal penghasilan.

Sangat menakjubkan, beberapa youtubers akan berpenghasilan lebih kurang 450 juta perbulan dengan subscribers atau pelanggan akun artis youtube berjumlah sepuluh juta orang. Dengan pencapaian penghasilan luar biasa tersebut, you tube juga semakin banyak digandungi artis-artis layar televisi, selebritis konvensional ini tak ingin kalah unjuk gigi di era entertain dengan penonton yang disebut netizen dan meraup rezeki luar biasa tersebut.

Perbedaan yang mencolok terlihat antara artis konvensional dan artis youtube. Untuk menjadi artis biasa perlu bersaing ketat, mulai dari ketampanan atau kecantikan, figure yang sesuai dengan kebutuhan acara, bahkan harus berada di ibu kota untuk menjadi terkenal. You Tube hadir menjawab tantangan popularitas tersebut.

Selain selebritis yang jadi popular karena youtube, ada banyak pendakwah yang juga menjadi terkenal ketika mengikuti zaman dalam kegiatan dakwahnya seperti Ustadz Abdul Somad, Ustad Khalid Basalamah, Ustadz Adi Hidayat dan masih banyak lagi pendakwah lainnya. Tentunya sangat baik sekali jika pengguna menggunakan youtube dengan hal-hal yang bermanfaat termasuk melihat video dakwah-dakwah para ustadz.

Hal menarik lagi yang tentunya tak boleh untuk kita lewatkan adalah tentang Joko Widodo yang berhasil menarik simpati kalangan netizen dengan vlog youtube yang ia buat di setiap kesempatannya. Jika kita melihat dengan teori kemungkinan dalam prediksi di sosial media instagram yang dimiliki keempat 4 orang calon presiden dan calon wakil presiden 2019 baru ini, Jokowi lah yang memiliki pengikut alias followers terbannyak dibandingkan lainnya. Jokowi berhasil kembali menjadi Presiden mungkin dikarenakan terus berinovasi dalam hal menarik simpati masyarakat Indonesia yang sudah dekat dengan sosial media atau dunia maya alias internet

You Tube ternyata banyak membuka kesempatan bagi tiap orang Indonesia menunjukkan kreatifitasnya, semakin banyak melihat youtube semakin banyak pula warna kreatifitas anak bangsa terlihat. Kreatifitas ini juga terbayarkan untuk artis You Tube dari setiap yang melihatnya,  karena dengan semakin banyak pengguna dan penonton maka iklan masuk pada video-video yang viral, ini sangat menguntungkan bagi aplikasi You Tube. Siapa yang paling kreatif dan yang paling mampu untuk viral maka dialah yang jadi pemenangnya. Untuk menjadi artis you tube tak perlu bersaing ketat untuk mendapatkan menjadi selebritis, cukup menjadi kreator yang mampu membuat video sesuai pencarian masyarakat di mesin pencari you tube. Hal semacam ini justru yang menjadi kebutuhan dan diidolakan masyarakat saat ini.[]